Foto: To The Moon, Para 'Astronaut' Misi Artemis 1 NASA

Foto Edu

Foto: To The Moon, Para 'Astronaut' Misi Artemis 1 NASA

NASA-ESA-DLR - detikEdu
Minggu, 04 Des 2022 20:00 WIB

Jakarta - Pesawat antariksa nirawak Orion dalam misi Artemis 1 sudah mencapai orbit Bulan. Tak ada awak manusia namun ada 'astronaut' yang disertakan dalam misi ini.

Commander Moonikin Campos (NASA)

Ini adalah manekin uji yang ditempatkan di ruang utama, tepatnya di tempat duduk pilot utama karena itu dia dijuluki 'Commander', lengkapnya Commander Moonikin Campos. Disebut 'Moonikin' adalah plesetan dari manekin yang akan menuju orbit Bulan.

Moonikin ini merupakan tiruan dari tubuh manusia laki-laki, untuk parameter alat uji seperti halnya manusia bila ke Bulan karena misi Artemis selanjutnya akan menyertakan astronaut manusia.

Campos memakai baju astronaut khusus Orion Crew Survival System, dilengkapi dua sensor radiasi dan sensor tambahan di bagian kepala dan belakang kursi untuk merekam data akselerasi dan vibrasi dalam misi ini. Data dari Moonikin Campos ini akan dipakai melindungi astronaut manusia dalam misi Artemis II, yang akan dikirimkan ke Bulan.(Foto: Commander Moonikin Campos (NASA))

Sayembara penamaan 'Moonikin', dipilih nama Campos (NASA)

NASA menggelar sayembara untuk menamai Moonikin ini. Sayembara juga bertujuan untuk mengikutsertakan publik dalam misi Artemis I ini. Sayembara digelar sejak 16 Juni 2021 lalu hingga 29 Juni 2021. Ada 8 nama yang disayembarakan yakni Ace, Campos, Delos, Duhart, Montgomery, Rigel, Shackleton dan Wargo.

NASA menerima 300 ribu voting yang akhirnya mengerucut ke Campos. Nama ini didedikasikan untuk Arturo Campos, astronaut kunci yang membawa pulang Apollo 13 ke Bumi dengan aman dan selamat.  (Foto: Sayembara penamaan 'Moonikin', dipilih nama Campos (NASA))

Manekin bernama Helga dan Zohar dalam pesawat antariksa Orion(Dokumentasi ESA)

Dua manekin ini dinamai Helga dan Zohar, manekin torso atau bagian atas tubuh saja. Manekin ini didesain menyerupai tubuh perempuan, terbuat dari plastik dan diisi lebih dari 5.600 sensor untuk mengukur muatan radiasi saat memasuki orbit Bulan.

Tinggi Helga-Zohar ini 95 cm, seberat 36 kg masing-masing, dan terbuat dari 38 lapisan plastik yang meniru kepadatan tulang, otot dan organ manusia, seperti yang dipakai di RS untuk mengukur dosis radiasi untuk terapi kanker.

Perbedaan Helga dan Zohar adalah, Zohar akan memakai rompi perlindungan radiasi, AstroRoad, sementara Helga tidak. Foto: Manekin bernama Helga dan Zohar dalam pesawat antariksa Orion (Dokumentasi ESA)

Boneka Snoopy di pesawat Orion (NASA)

Boneka Snoopy disertakan dalam pesawat Orion dalam Misi Artemis I NASA.

Snoopy diikat di salah satu bagian pesawat, sebagai indikator nol gravitasi. Sebagai indikator, Snoopy dipakaikan baju astronaut berwarna oranye yang kontras dengan interior Orion yang didominasi hitam-putih.

Snoopy dipilih karena karakter ini dinilai menginspirasi dan semangat atas penjelajahan manusia di luar angkasa selama lebih dari 50 tahun. (Foto: Boneka Snoopy di pesawat Orion (NASA))

4 Figur mini Lego masuk di pesawat antariksa Orion (Dok NASA)

4 Mini figur LEGO juga ikut dalam pesawat luar angkasa Orion. Tujuannya agar menarik anak-anak terhubung dengan edukasi NASA, dan diharapkan bisa berkarir di NASA di masa depan.

Keempat figur LEGO ini dibungkus bersama beberapa barang kenangan yang dipilih NASA. Sedangkan dalam akun Twitter resmi LEGO, 4 figur itu dinamai: Kate, Kyle, Julia dan Sebastian (Foto: 4 Figur mini Lego masuk di pesawat antariksa Orion (Dok NASA))

Penampakan terbaru dalam Orion (NASA)

Penampakan para 'astronaut' dalam pesawat antariksa Orion, sebelum peluncuran. Diambil dengan video interaktif 360. Foto: (NASA)

Foto: To The Moon, Para Astronaut Misi Artemis 1 NASA
Foto: To The Moon, Para Astronaut Misi Artemis 1 NASA
Foto: To The Moon, Para Astronaut Misi Artemis 1 NASA
Foto: To The Moon, Para Astronaut Misi Artemis 1 NASA
Foto: To The Moon, Para Astronaut Misi Artemis 1 NASA
Foto: To The Moon, Para Astronaut Misi Artemis 1 NASA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT