Bangga! Jawa Tengah Raih Juara Umum di FLS2N 2022

Bangga! Jawa Tengah Raih Juara Umum di FLS2N 2022

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 19 Sep 2022 18:00 WIB
Pengumuman FLS2N
Pengumuman Pemenang FLS2N. (Foto: Pusat Prestasi Nasional)
Jakarta -

Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih juara umum pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2022. Provinsi tersebut mengantongi 18 medali emas, 7 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Ajang tahunan ini diselenggarakan secara hybrid dari tanggal 12-17 September 2022. Dalam penutupan dan penganugerahan FLS2N itu, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek, Judi Wahjudin menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta yang telah ikut serta dalam FLS2N tahun ini.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada peserta didik di ajang talenta FLS2N, baik yang mendapatkan penghargaan maupun yang belum mendapatkan, karena semuanya luar biasa dan berprestasi. Ini merupakan batu loncatan untuk jenjang berikutnya," tuturnya dalam situs Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud, Jumat (16/9/2022).

Di waktu yang sama, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi, menyampaikan karya-karya peserta di ajang talenta FLS2N tahun ini semakin baik sehingga persaingan menjadi lebih ketat di setiap bidangnya.

"Para peserta didik sangat antusias mengikuti ajang talenta FLS2N, hal ini dapat terlihat dari hasil karya seni yang masuk di penjurian, semakin meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas dan ini sangat membanggakan. Seluruh karya seni peserta bagus dan memiliki keunikan yang menarik, sehingga hal ini sempat menyulitkan juri karena ketatnya persaingan, dengan perdebatan dan diskusi yang panjang akhirnya juri dapat menentukan yang terbaik dari yang terbaik," jelas Asep.

"Selamat kepada adik-adik semuanya, peserta di semua jenjang yang telah berhasil menjadi juara dan jangan berkecil hati bagi yang belum berkesempatan untuk menjadi juara. Percayalah ini adalah pengalaman yang berharga bagi adik-adik sekalian. Selain itu, banyak harapan dari adik-adik di tahun depan diadakan dalam suasana berbeda, semoga tahun depan adik-adik dapat dipertemukan luring di tingkat nasional," sambungnya.

Mengusung tema "Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia" ada sebanyak 1.660 peserta dengan total 1.507 karya yang ikut bersaing di FLS2N 2022 ini.

Rincian jumlah karya meliputi jenjang Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah 323 karya, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan jumlah 326 karya, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dengan jumlah 380 karya, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jumlah 283 karya, dan Sekolah Luar Biasa (SDLB/SMPLB/SMALB) dengan jumlah 195 karya.

5 Provinsi Peraih Medali Terbanyak FLS2N 2022

Selain Jawa Tengah, terdapat 4 provinsi lainnya yang mendapat predikat provinsi peraih medali terbanyak, yaitu:

1. Jawa Tengah
Perolehan medali: 18 medali emas, 7 medali perak, dan 1 medali perunggu.
2. Jawa Barat
Perolehan medali: 10 medali emas, 6 medali perak, dan 2 perunggu.
3. D.I Yogyakarta
Perolehan medali: 6 medali emas, 8 medali perak dan 6 medali perunggu.


4. Jawa Timur
Perolehan medali: 6 medali emas, 4 medali perak dan 9 medali perunggu.
5. Bali
Perolehan medali: 4 medali emas, 8 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Selamat kepada pemenang FL2SN tahun 2022!



Simak Video "Jokowi: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia