#77PortraitAnakBangsa

Dedikasi Sabda PS Majukan Kualitas Pendidikan Indonesia

Yudistira Perdana Imandiar - detikEdu
Senin, 15 Agu 2022 08:56 WIB
Sabda PS
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. Foto: Dok OPPO
Jakarta - Tujuan utama dari pendidikan adalah mengubah kegelapan menjadi cahaya. Bagi sebuah negara dan bangsa, pendidikan merupakan bekal untuk membangun peradaban yang lebih baik lagi.

Pentingnya pendidikan membuat Sabda Putra Subekti atau akrab dikenal Sabda PS untuk membantu memajukan pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Sabda merupakan pendiri platform belajar daring Zenius yang bisa diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Gagasan membuat platform belajar daring tercetus saat Sabda berkuliah di Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia melihat teman-temannya yang punya kompetensi unggul malah mendapatkan skor Graduate Record Examination (GRE) rendah saat berkuliah di luar negeri. Hal itu membuatnya berpikir sistem pendidikan di Indonesia ini jauh berbeda dengan universitas top di luar negeri.

Sabda berprinsip pendidikan harusnya membekali seseorang kemampuan mengembangkan analisis berpikir dan memperluas pengetahuan secara general. Artinya, tingkatan kompetensi pendidikan di seluruh penjuru dunia mesti setara.

Untuk merealisasikan cita-citanya memajukan pendidikan Indonesia, Sabda sempat berbincang dengan Fuad Hasan, Menteri Pendidikan era Presiden Soeharto. Sabda membagikan berbagai konsep pendidikan ideal yang menurutnya bisa diterapkan di Indonesia.

Sabda pun akhirnya mantap membangun Zenius. Awal mula Zenius hanyalah bimbel offline di tahun 2004. Namun, Sabda memiliki rencana lebih besar. Ia berniat mengumpulkan modal untuk membangun bimbel, biaya operasional, dan merekrut guru serta programer untuk Zenius.

Di tahun 2008, CD materi pembelajaran yang diluncurkan Sabda bersama Zenius di tahun 2007 laku keras dan mendapatkan Rp 1,3 miliar dari hasil penjualan ini. Sabda kemudian terus mengembangkan Zenius hingga mampu berekspansi dan sekarang menjadi bimbel online dengan lebih dari 80.000 video pembelajaran di aplikasi yang bisa diakses melalui aplikasi smartphone dan website.

Sabda menyatakan Zenius akan terus berinovasi beriringan dengan misinya mencerdaskan Indonesia. Melalui Zenius, ia ingin melatih logika dan pola pikir anak-anak Indonesia tentang pendidikan.

Sebagai informasi, foto 77 Potret Anak Bangsa di atas diabadikan oleh kamera OPPO Reno8 Pro 5G 'The Portrait Expert'. Ponsel ini dilengkapi chipset MariSilicon X, memberikan performa AI terbaik dalam mengolah foto maupun video bahkan saat kondisi minim cahaya.

OPPO Reno8 Pro 5G mampu membuat siapa pun dapat menghasilkan karya dan mengekspresikan diri tanpa batas melalui teknologi yang dimiliki, desain yang memukau dan performa paling unggul. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye 77 Potret Anak Bangsa di Instagram OPPO Indonesia, kunjungi website resmi OPPO Indonesia untuk informasi lebih lanjut melalui tautan ini. (ads/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia