Kuliah Hanya Setahun, Anak 15 Tahun Jadi Wisudawan Termuda Universitas Nevada

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 31 Des 2021 14:49 WIB
jack rico
Foto: Instagram @jack.rico_
Jakarta -

Jack Rico adalah anak jenius yang mencetak sejarah sebagai orang termuda yang lulus dari University of Nevada Las Vegas (UNLV). Dia masuk kuliah di usia 14 dan lulus setahun kemudian.


Jack menyelesaikan studinya pada usia 15 tahun dengan nilai 3,78 atau dengan predikat sangat memuaskan. Berikut kisahnya

A. Menyelesaikan empat gelar

Prestasi Jack di bidang pendidikan sudah terlihat dari jenjang sebelumnya. Dalam dua tahun kuliah, ia sudah bisa menyelesaikan 4 gelar D3 di bidang sejarah, sikap sosial, ekspresi manusia, dan sains sosial.


"Aku sejujurnya menyukai semua kelas yang aku ambil. Kebanyakan kelas yang aku ambil di jurusan sejarah atau film, dan setiap kelas mengajarkanku sesuatu yang berbeda," katanya dikutip dari laman University of Nevada.


Kemudian pada 14, Jack mulai mengambil kelas kuliah di UNLV. Sejak awa dia bertekad untuk menyelesaikan studinya dengan cepat sehingga bisa selesai dalam setahun meski awalnya sempat ada rasa malas.


"Semester ini sedikit lebih sulit untukku tetap termotivasi. Aku melewatkan semua tugas-tugas pertamaku beberapa minggu lalu. Tapi itu cukup untuk mendorongku kembali pada jalur," terangnya.


B. Disiplin dan suka belajar


Meski terdengar sibuk dan ambisius untuk anak remaja yang biasanya lebih suka bermain tapi Jack mengaku memang suka belajar.


Jack juga telah menanamkan kedisiplinan sejak dini agar tetap bisa belajar sesuai dengan target hingga ujian akhir.


"Aku mulai menulis semuanya lagi dan memastikan aku tetap disiplin. Ada PS5 dalam boks yang seperti menatapku tapi aku berjanji pada diriku sendiri aku tidak akan membukanya sampai ujian akhir," paparnya.


C. Ingin lanjut S2


Jadi wisudawan termuda dan lulus kuliah dalam setahun, tidak membuat Jack Rico merasa 'puas. Bahkan dia telah berencana untuk melanjutkan S2 dalam waktu dekat.


Tapi sebelum lanjut kuliah, Jack mengaku akan istirahat satu semester dulu untuk bersantai dan menjadi remaja pada umumnya.


Atas pencapaiannya hingga saat ini, dia juga mengungkapkan banyaknya dukungan dari dosen dan teman kelasnya. Dia juga berterima kasih atas jasa ibunya yang selalu mengantar Jack ketika mengambil kelas weekend.


"Aku bekerja sangat keras tapi aku punya banyak dukungan. Semua dosen dan teman sekelasku keren. Aku sangat berterima kasih pada ibu yang mengantarku bolak-balik dari California ke UNLV setiap minggu untuk aku bisa ambil kelas di kampus," tutur lulusan University of Nevada tersebut.



Simak Video "Jelang Demo, Lalin di Kawasan Patung Kuda Masih Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia