Pekan Kebudayaan Nasional Bakal Digelar Besok, Begini Gambaran Acaranya

Kristina - detikEdu
Kamis, 18 Nov 2021 20:30 WIB
Pekan Kebudayaan Nasional 2021
Foto: Pekan Kebudayaan Nasional/ detikHOT
Jakarta -

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 akan dilangsungkan secara daring pada 19-26 November 2021. Pada gelaran kali ini, kekayaan budaya Nusantara akan dikemas dalam bentuk yang kreatif dan kekinian.

PKN merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, PKN 2021 mengusung tema Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan.

"Cerlang itu sebetulnya cahaya, (artinya) cahaya Nusantara. Karena kita melihat kearifan lokal yang kita miliki sebetulnya bisa menjadi cahaya kita untuk membimbing masa depan," ujar Hilmar dalam acara Silaturahmi Merdeka Belajar Episode ke-15, Kamis (18/11/2021).

Hilmar menjelaskan, Indonesia memiliki beragam kearifan lokal di masa lalu yang berguna bagi kehidupan di masa sekarang. Menurutnya, kearifan lokal yang ada dapat menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi saat ini.

Program yang dihadirkan dalam acara PKN 2021 adalah sandang, pangan, dan papan. Hilmar mengakui, masyarakat memiliki pengetahuan yang luar biasa terkait ketiga hal tersebut. Namun, banyak dari pengetahuan tersebut sudah mulai memudar.

"Kalau kita menengok ke belakang kearifan lokal kita sendiri sebetulnya ada banyak solusi untuk masalah yang kita hadapi hari ini tu ada di sana. Jadi, kalau mau ke depan berpikir mestilah merujuk pada apa yang kita miliki di masa lalu," lanjutnya.

Gelaran akbar ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia dengan cara kreatif. Di dalamnya akan ada pesan-pesan atau nilai yang disampaikan kepada penonton.

PKN 2021 merupakan PKN yang digelar untuk ketiga kalinya. Selain tema, perbedaan yang menonjol dari PKN sebelumnya terletak pada adanya refleksi terhadap situasi yang terjadi saat ini. Seperti kondisi pandemi hingga konferensi global tentang perubahan iklim yang digelar beberapa waktu lalu.

"Kita juga kirim pesan consume less. Jangan terlalu berlebihan kalau konsumsi gitu ya. Kadang-kadang makan suka nggak habis, pakaian beli padahal juga tidak perlu," ujarnya.

Acara yang akan digelar besok, Jumat (19/11/2021) merupakan acara inti dari rangkaian PKN. Kegiatan tersebut telah dimulai sejak bulan Juli melalui kegiatan diskusi maupun seminar.

Kalender Pekan Kebudayaan Nasional 2021

Berikut jadwal gelaran Pekan Kebudayaan Nasional dua hari kedepan, seperti dilansir dari laman pkn.id:

Jumat, 19 November 2021

- Pembukaan "Napas Jiwa"

Sabtu, 20 November 2021

- Sinar Cerlang Cemerlang
- Cultural Fashion
- Ragam Budaya Internasional
- Icip Pangan
- PKN News (Kultura Update)
- Di Dalam Indonesia
- Variety Show
- Sahita
- Dari Alam ke Piring
- Beda Suku Satu Tawa

Pekan Kebudayaan Nasional 2021 dapat disaksikan secara daring melalui kanal indonesiana.tv dan dapat disaksikan tanpa batas di laman pkn.id.



Simak Video "Dari Kuda Hingga Gajah Turut Memeriahkan Kirab Budaya Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia