5 Film Kartun yang Mendidik Anak, Mana Favoritmu?

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 19 Sep 2021 09:00 WIB
Upin Ipin
Foto: Instagram @upinipinofficial
Jakarta - Apakah Bunda mengizinkan anak untuk menonton kartun di TV? Jika iya, jangan khawatir sekarang ada banyak pilihan kartun mendidik untuk anak di TV.

Tapi saat menontonnya, bunda juga tetap harus mengawasinya agar tetap ada peran edukasi dari orang tua. Apakah bunda tahu film kartun apa saja yang menjadi rekomendasi untuk ditonton oleh anak?

Berikut adalah 5 daftar film kartun mendidik untuk anak:

Kartun Mendidik

1. Kartun Upin dan Ipin

Kartun Upin dan Ipin adalah salah satu kartun yang populer di Indonesia. Upin dan Ipin sendiri merupakan kartun yang diproduksi oleh Les Copaque Malaysia dan telah tayang di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Kartun ini menceritakan anak kembar yang bernama Upin dan Ipin beserta kawan-kawannya di suatu desa yang bernama Kampung Durian Runtuh. Sampai saat ini Upin dan Ipin merupakan serial yang paling diminati oleh anak-anak di Indonesia.

Kartun Upin Ipin banyak mengandung nilai edukasi, baik tentang persahabatan, adab terhadap orang tua, toleransi, agama, hingga tentang budaya.

2. Doraemon

Kartun Doraemon adalah favorit semua kalangan. Kartun mendidik asal Jepang ini banyak pelajaran yang bisa diambil seperti jadilah anak yang rajin dan suka menolong teman. Kartun ini juga mengajarkan indahnya persabahatan antara Nobita dan Doraemon.

3. Kartun Nussa

Kartun Nussa adalah film kartun karya Indonesia. Kartun ini juga mendapatkan respons yang positif sejak perilisannya di akun YouTube Nussa Official.

Kartun Nussa berkisah tentang kakak beradik Nussa dan Rara. Kartun ini mengedukasi untuk anak dalam hal agama yaitu menganjurkan untuk rajin beribadah.

Di kartun ini juga terdapat lagu-lagu Islami yang dikemas dengan baik sehingga mudah dihafal oleh anak-anak.

4. Kartun Tayo: The Little Bus

Kartun Tayo merupakan kartun yang mengisahkan petualangan bus lucu bersama Tayo. Kartun ini dapat menjadi tontonan yang baik untuk anak.

Dengan kartun Tayo ini, anak-anak dikenalkan pada jenis-jenis kendaraan dan aturan lalu lintas. Dalam kartun ini anak-anak yang menonton juga diajarkan untuk saling membantu sesama teman.

5. Kartun Adit Sopo Jarwo

Adit Sopo Jarwo merupakan kartun karya anak bangsa. Film kartun ini mengisahkan tentang kehidupan masyarakat di Indonesia.

Melalui kartun ini anak-anak juga diajak untuk mengenal budaya Indonesia. Ada banyak nilai-nilai edukasi untuk anak, mulai dari persahabatan, tolong menolong, hingga pentingnya menjaga amanah dan berbuat baik terhadap sesama.

Jadi Bunda, itulah 5 pilihan kartun mendidik untuk anak. Ajak anak nonton bersama ya Bunda.

Simak Video "Seks Anal dari Kacamata Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia