10 Jurusan Kuliah Ini Hasilkan Gaji Lebih Tinggi dari Pada Biaya Kuliah

Rahmi Anjani - detikEdu
Jumat, 19 Feb 2021 19:00 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row.
Foto: iStock
Jakarta - Memilih jurusan kuliah memang seharusnya difokuskan pada menuntut ilmu sebagai bekal masa depan dari pada 'balik modal'. Namun tidak dipungkiri jika setiap orang berharap bisa mendapat gaji tinggi yang paling tidak sepadan dengan usaha dan biaya yang dikeluarkan di universitas.

Beberapa jurusan kuliah dikenal berbiaya cukup mahal sedangkan gaji yang didapat dari bidang tersebut tidak selalu besar. Jika ingin mengincar profesi yang seimbang antara gaji dan biaya kuliah bahkan lebih tinggi, kamu bisa mempertimbangkan 10 jurusan ini.

1. Teknik Elektro
Sebuah daftar yang dirilis Money menobatkan teknik elektro sebagai jurusan di mana utang kuliah dan penghasilan selepas universitas cenderung seimbang. Artinya orang-orang yang memilih jurusan ini dapat membayar utang biaya kampus mereka dengan mudah karena penghasilan mencukupinya. Dikatakan jika jurusan tersebut memang cukup dicari dalam industri yang berkembang, seperti energi dan teknologi.

2. Teknik Mesin
Kamu yang bermimpi untuk bisa membuat dan merancang mesin cocok memilih jurusan ini. Umumnya mereka yang dapat masuk teknik mesin punya kemampuan matematika dan sains yang kuat. Selain mempelajari sesuatu yang sulit, jurusan tersebut juga cukup menjanjikan karena bisa terpakai di banyak bidang robotik.

3. Perpajakan
Perpajakan mungkin rumit untuk dipelajari tapi untuk kamu yang merasa jago mengolah data dan angka, jurusan tersebut patut dilirik. Umumnya perpajakan tidak butuh banyak alat atau praktek sehingga biaya kuliahnya cenderung standar. Sedangkan saat kamu sudah lulus sebagai ahli pajak, banyak industri yang membutuhkan kemampuan itu dan berani menggaji tinggi.

4. Teknik Sipil
Teknik sipil memungkinkan kita menikmati gedung-gedung cantik dan bersejarah. Tidak heran, jika kamu yang lulus dari jurusan tersebut bisa mendapat gaji tinggi setelah dapat ijazah. Bukan hanya bangun gedung, kini dapat pula dipilih spesialisasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman, misalnya yang mempelajari sistem berteknologi ramah lingkungan.

5. Sains Manajemen
Berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, jurusan kuliah sains manajemen semakin digemari dan dibutuhkan sekarang ini. Apa yang dipelajari? Para mahasiswa akan berlatih caranya mengumpulkan, menganalisis, dan mengatur data untuk membantu perusahaan memecahkan masalah. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai aktuaris, analis keuangan, atau penjamin emisi asuransi.

6. Keperawatan/Administrasi Rumah Sakit
Perawat adalah salah satu profesi yang umumnya tidak butuh S2. Dikatakan bahwa dengan lulus S1, kamu akan mendapatkan keamanan untuk urusan penghasilan. Namun jika kamu ingin mengembangkan karier sebagai pengajar atau praktisi kesehatan, tentu spesialisasi lanjutan dibutuhkan.

7. Bioteknik
Bioteknik adalah bidang yang mempelajari gabungan obat, hukum, filosofi, dan sosiologi. Tujuan jurusan tersebut adalah untuk melatih ahli yang bisa memberikan saran untuk desain uji klinik dan memastikannya memang etis. Jurusan ini akan menuntut kamu untuk melakukan penelitian, wawancara, dan menulis. Meski pasarnya cenderung sedikit, profesi di bidang ini tengah berkembang dan menjanjikan.

8. Akuntansi
Banyak orang menganggap jika akuntansi adalah ilmu yang membosankan. Tapi kamu mungkin akan berubah pikir saat melihat penghasilan yang bisa didapatkan setelah lulus kuliah. Dikatakan jika prospek kerja bidang tersebut cukup solid dan menghasilkan gaji di atas rata-rata. Kamu pun bisa bekerja di banyak industri sehingga banyak peluang.

9. Administrasi Bisnis
Jika mencari jurusan kuliah yang cenderung fleksibel, administrasi bisnis bisa dipertimbangkan. Bidang itu juga memungkinkan kamu untuk bekerja di hampir semua industri, mulai dari kesehatan hingga fashion. Meski begitu, administrasi bisnis merupakan salah satu jurusan paling umum jadi kemungkinan kamu juga banyak saingan.

10. Sains Komputer
Bukan rahasia lagi bahwa mereka yang andal dalam bidang sains komputer bisa mendapatkan penghasilan besar. Bidang ini juga semakin banyak diminati dan dibutuhkan belakangan ini. Umumnya jurusan kuliah sains komputer akan mengajarkan bagaimana cloud computing, mengolah data, dan penyimpanannya. (ami/ami)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia