Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya

Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 27 Des 2022 08:00 WIB
Istana Buckingham biasanya sering terdengar ketika ada kabar yang berkaitan dengan keluarga kerajaan Inggris. Sebenarnya apa fungsi dari istana ini ya?
Foto: Getty Images/Kediaman Raja Britania Raya
Jakarta -

Banyak yang menyebut negara Inggris sebagai Inggris Raya atau Britania Raya. Padahal ketiganya tidaklah sama. Baik Inggris, Inggris Raya, maupun Britania Raya memiliki perbedaan secara geografis.

Melansir laman Britannica, perbedaan ketiganya berkaitan dengan sejarah ekspansif Kepulauan Inggris, yakni sekelompok pulau di lepas pantai barat laut Eropa.

Pulau yang terbesar di kawasan itu adalah Inggris dan Irlandia. Pada Abad Pertengahan, nama Inggris mulai diterapkan pada sebagian kecil wilayah Prancis yang sekarang dikenal sebagai Brittany.

Akibatnya, istilah Inggris Raya mulai digunakan untuk merujuk secara khusus ke pulau itu. Namun, nama itu tidak memiliki arti resmi sampai tahun 1707, ketika kerajaan saingan Inggris dan Skotlandia di pulau itu disatukan sebagai Kerajaan Britania Raya.

Perbedaan Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya

Inggris Raya (United Kingdom)

Dikutip dari Historic UK, United Kingdom atau Inggris Raya adalah kumpulan negara berdaulat (sama seperti Prancis atau AS) yang terdiri dari empat negara yakni Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Dalam sejarahnya, pembentukan Inggris Raya bermula pada tahun 925 ketika kerajaan Inggris didirikan oleh penyatuan suku-suku Anglo-Saxon di era Inggris modern.

Kemudian pada 1536, disebut dengan Kerajaan Inggris dan Wales. Saat itu, dibentuk RUU yang diberlakukan oleh Raja Henry VIII yang secara efektif menjadikan Inggris dan Wales negara yang sama dan diatur oleh hukum yang sama.

Selanjutnya, Kerajaan Inggris (termasuk Wales) bergabung dengan Kerajaan Skotlandia untuk membentuk Kerajaan Britania Raya pada tahun 1707.

Baru pada tahun, 1801 Irlandia bergabung dan namanya kembali berubah. Namun, pada tahun 1922 Republik Irlandia menarik diri dari serikat dan hanya menyisakan Irlandia Utara.

Britania Raya (Great Britain)

Great Britain atau Britania Raya bukanlah sebuah negara melainkan pulau terbesar di Kepulauan Inggris yang menampung negara Inggris, Skotlandia, dan Wales. Pulau ini memiliki luas 209.331 km persegi.

Nama Britania berasal dari kata Romawi Britannia. Dalam istilah bahasa Inggris disebut sebagai Great Britain. Terdapat alasan mengapa kata 'Great' tertempel di depan Britain.

Pertama sebagai pembeda untuk Inggris dari tetangganya, Brittany yang merupakan sebuah wilayah Prancis. Alasan kedua adalah karena Raja James I, yang ingin memperjelas bahwa dia bukan hanya raja Inggris Romawi kuno, tetapi raja dari seluruh pulau (Raja Britania Raya).

Inggris (England)

England atau dalam bahasa Indonesia disebut Inggris adalah negara terbesar di Inggris Raya, baik berdasarkan daratan maupun populasi. Negara dengan ibu kota London ini menjadi bagian dari UK dan Britania Raya bersama negara lain yakni Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Jadi, itulah perbedaan antara United Kingdom, Britania Raya, dan Inggris. Semoga menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Penampakan Panjangnya Antrean 7 Km Pelayat Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia