Makna Tersurat dan Tersirat dalam Teks Serta Contohnya

Makna Tersurat dan Tersirat dalam Teks Serta Contohnya

Putri Tiah Hadi Kusuma - detikEdu
Jumat, 25 Nov 2022 17:00 WIB
Ilustrasi puisi kemerdekaan
Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Makna tersurat dan tersirat dalam teks yang disampaikan penulis kepada pembaca, terkadang punya maksud dan tujuan tertentu. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan makna tersurat dan tersirat dalam teks?

Pengertian Makna Tersurat dan Tersirat dalam Teks

Pengertian makna tersurat dan tersirat dalam teks dikutip dari buku Belajar Bahasa Indonesia Kelas X Untuk SMA/SMK/MA oleh Rohma Barokah TY, SPd:

Makna tersurat adalah sebuah kata yang mudah dipahami maknanya. Makna dari kata tersurat sudah ada dalam tulisan atau kata-kata itu sendiri. Makna tersurat, yakni makna yang bisa langsung dipahami dengan benar dan pasti setelah kita membacanya

Makna tersirat mengandung arti kata tersembunyi atau lebih jelasnya bahwa arti kata tersirat bisa dipahami dengan cara yang tidak langsung. Pemahaman tidak langsung ini bisa diperoleh dengan membaca secara berulang. Makna tersirat merupakan makna yang tidak secara nyata tertulis dalam karya sehingga maksud dan tujuan penulis belum bisa diketahui secara pasti.

Perbedaan Makna Tersirat dan Makna Tersurat

Kembali mengutip dari buku yang sama Belajar Bahasa Indonesia Kelas X Untuk SMA/SMK/MA oleh Rohma Barokah TY, SPd:

Makna tersurat tertulis secara langsung (eksplisit) dan memiliki makna denotasi.

Sedangkan makna tersirat tertulis secara tidak langsung (implisit) dan lebih sering menggunakan makna konotasi (kiasan/lambang)

Karena makna tersirat lebih banyak memakai konotasi menyebabkan ambiguitas atau makna ganda sehingga pembaca harus menyimpulkannya sendiri maksudnya. Demikian dikutip dari buku Bank Soal SMA IPS Vol 1 oleh Tim Presiden Eduka

Contoh Teks yang Mengandung Makna Tersurat dan Tersirat

Contoh teks makna tersirat berikut ini dikutip dari buku Buku Saku Pintar Bahasa Indonesia SD Kelas 4, 5 & 6 oleh M Irsan, SPd:

Orang mungkin heran kepada Wright bersaudara mampu menciptakan prestasi yang gagal dilakukan orang lain. Ada beberapa sebab yang membuat mereka berhasil. Pertama, dua kepala tentu lebih efektif dari satu kepala. Wright bersaudara senantiasa bekerja sama dan tunjang-menunjang dengan amat serasi dan sempurna. Kedua, mereka dengan cekatan mengambil keputusan bahwa mereka lebih dulu mempelajari bagaimana cara terbang sebelum mencoba membuat pesawat.

Kalimat yang ditebalkan merupakan teks yang mengandung makna tersirat.

Sedangkan contoh teks makna tersurat ini dikutip dari buku modul TOP ONE UN-USBN SMP/MTs 2019 oleh Tim Guru Indonesia:

Tempat tinggalku sangat menyenangkan. Kakak dan adik-adikku serta aku merasa tenteram bila aku berada di rumah. Kami bisa berdiskusi, bercengkerama, dan kadang bersenda gurau untuk hal-hal yang lucu. Teman-temanku juga merasa betah kalau belajar di rumahku. Di samping tempatnya nyaman, jauh dari kebisingan suara mobil, juga penghuninya ramah tamah.

Kalimat yang ditebalkan merupakan makna tersurat pada teks, kalimat ini menunjukkan makna langsung dinyatakan dalam teks bacaan.

Sudah tahu kan perbedaan makna tersirat dan tersurat dalam teks? Selamat belajar ya detikers!



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia