Studi: Percakapan dengan Orang Asing Bisa Bikin Lebih Cerdas

Studi: Percakapan dengan Orang Asing Bisa Bikin Lebih Cerdas

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 21 Nov 2022 09:30 WIB
belajar bahasa asing
Foto: shutterstock/ilustrasi belajar bahasa asing
Jakarta -

Sebuah studi dari Wisconsin School of Business menunjukkan bahwa orang cenderung meremehkan potensi untuk belajar dari percakapan dengan orang asing.

Para peneliti dalam artikel di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menuliskan, "Ironisnya, tidak mengetahui apa yang bisa dipelajari dalam sebuah percakapan bisa membatasi seseorang dari pengalaman yang membuat mereka memperoleh banyak pelajaran."

Percakapan Meningkatkan Penciptaan Pengetahuan

Salah satu peneliti dalam artikel tersebut, Stav Atir mengatakan bahwa percakapan tidak hanya meningkatkan transfer pengetahuan, tetapi juga penciptaan pengetahuan. Pada sebuah percakapan yang spontan, orang yang bekerja dalam sebuah organisasi yang sama juga bisa berbagi informasi yang berguna.

Sebuah perbincangan dikatakan banyak pengetahuan institusional yang tidak dipelajari atau diajarkan secara formal dan terstruktur.

Studi tersebut secara acak memasangkan orang asing untuk saling berbincang selama 10 menit. Hasilnya, para peserta secara konsisten mengaku belajar lebih banyak dari yang mereka duga.

Nilai informasi dalam perbincangan 10 menit tersebut termasuk otobiografi, memahami sudut pandang orang lain, atau mendapatkan saran tentang topik apa pun.

Meski begitu, orang cenderung meremehkan pengalaman belajar dari bercakap-cakap karena sejumlah alasan. Dikutip dari Wisconsin School of Business, alasan pertama adalah sebuah percakapan biasanya dibayangkan hanya memiliki sedikit informasi.

Kedua, orang lebih mudah untuk mengira-ngira apa yang bisa mereka pelajari dari topik tertentu. Sifat ambigu percakapan terbuka membuat sulit untuk memahami apa yang bisa dipelajari.

Ketiga, secara spekulatif orang tidak memilih topik pembicaraan dengan sembarangan. Kecenderungannya adalah membicarakan topik yang jadi minat bersama dengan mengajukan pertanyaan.

Penulis, Stav Atir menegaskan, orang lain adalah sumber informasi yang kuat.

"Jika kita gagal menggunakan kapasitas kita untuk belajar dari orang lain secara maksimal. (Maka) kita meremehkan pengalaman manusia yang sepenuhnya," kata dia.



Simak Video "4 Teknologi yang Mencoba "Melawan" Kuasa Tuhan "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia