7 Negara Ini Mayoritas Penduduknya Wanita, Kenapa Bisa?

7 Negara Ini Mayoritas Penduduknya Wanita, Kenapa Bisa?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Sabtu, 12 Nov 2022 12:00 WIB
Kota-Kota Jerman Mulai Kewalahan Hadapi Gelombang Pengungsi Ukraina
Foto: DW (News)
Jakarta -

Detikers, pernahkah terlintas di pikiran bagaimana jadinya jika populasi wanita di suatu negara lebih banyak daripada pria? Setiap tahunnya, populasi suatu negara mengalami perubahan. Rasio gender secara umum memberikan dampak bagi masyarakat dan bangsa.

Perbedaan jumlah antara pria dan wanita dinilai penting agar distribusi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan spesifik gender dapat merata. Berkaitan dengan itu, ada sejumlah negara yang mayoritas penduduknya adalah wanita.

Mengapa hal demikian dapat terjadi? Dilansir dari World Atlas, berikut 7 negara dengan populasi wanita yang melebihi pria.

7 Negara dengan Populasi Wanita yang Melebihi Pria

1. Nepal

Negara yang pertama ialah Nepal dengan jumlah total penduduk sebesar 29 juta jiwa. Dari jumlah itu, sekitar 54,19 persennya adalah wanita.

Artinya, Nepal menjadi negara dengan rasio wanita tertinggi di dunia. Hal ini disebabkan harapan hidup wanita di Nepal lebih tinggi ketimbang pria. Rerata harapan hidup pria di negara itu hanya 70 tahun, sementara penduduk umur penduduk wanitanya mencapai 73 tahun.

Perbedaan rerata harapan hidup tersebut terjadi karena beberapa faktor, seperti kondisi biologis, norma budaya, dan migrasi keluar. Ketidakstabilan politik yang terjadi di Nepal menyebabkan banyak kaum pria yang memilih untuk meninggalkan negara itu.

2. Latvia

Di Latvia, populasi wanitanya mencapai 53,13 persen. Tingginya angka kematian dini pada laki-laki menjadi faktor utama banyaknya penduduk wanita di sana.

Melonjaknya angka kematian dini pada pria di Latvia disebabkan oleh insiden kecelakaan, bunuh diri, serta kebiasaan merokok dan minum-minuman keras. Karena ketimpangan ini, wanita di Latvia banyak yang menjadi tulang punggung bagi keluarganya.

3. Lituania

Persentase wanita di Lithuania mencapai 53,71 persen. Sementara itu, populasi prianya hanya sekitar 46,29 persen. Banyaknya jumlah perempuan di negara ini disebabkan oleh harapan hidup wanita yang lebih panjang, yakni 81 tahun dan 70 tahun bagi pria.

4. Ukraina

Negara dengan populasi wanita melebihi pria selanjutnya yaitu Ukraina. Negara yang terletak di Eropa Timur ini memiliki persentase wanita 53,67 persen. Penyebab utamanya adalah jumlah kematian pria yang tinggi selama Perang Dunia II.

5. Rusia

Rusia memiliki banyak penduduk wanita ketimbang lelaki dengan persentase sebesar 53,65 persen. Faktor penyebabnya antara lain karena pilihan gaya hidup dan Perang Dunia II.

Sepanjang sejarah, Uni Soviet menjadi salah satu rezim yang paling brutal. Jutaan orang dibunuh atau dikirim ke kamp untuk kerja paksa, sehingga berdampak besar pada demografi negara.

Kebanyakan laki-laki terbunuh dalam perang atau dikirim ke penjara, akibatnya rasio wanita dan pria menjadi miring. Setelah jatuhnya Uni Soviet, orang Rusia mulai bergaya hidup layaknya masyarakat barat.

Sebagai contoh, bekerja berjam-jam dan banyak meminum minuman keras. Akibat kebiasaan ini, harapan hidup pria di Rusia tidak sepanjang usia wanita.

6. Belarus

Di Belarus, persentase wanitanya sebesar 53,44 persen. Sementara prianya 46,56 persen. Tingginya tingkat konsumsi alkohol di negara ini menjadi faktor utama populasi perempuan di Belarus lebih banyak ketimbang lelaki.

Pria Belarus memiliki kecenderungan minum yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pria dari negara lain. Selain itu, obesitas dan rokok juga jadi faktor yang mempengaruhi.

Akibat dari kebiasaan buruk tersebut, Belarus termasuk ke dalam negara yang memiliki harapan hidup rendah bagi pria. Rata-rata harapan hidup pria di Belarus mencapai usia 70, sedangkan pada wanita mencapai 79 tahun.

7. El Salvador

Negara Amerika Tengah ini memiliki populasi perempuan yang lebih banyak daripada pria dengan persentase 53,19 persen.

Miringnya jumlah tersebut disebabkan oleh banyaknya lelaki yang bermigrasi ke negara lain untuk mencari pekerjaan. Mayoritas pria di El Salvador didominasi oleh manula atau pria yang berusia sangat muda.

Nah, itulah 7 negara dengan jumlah penduduk wanita yang melebihi pria. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Pakar Nilai RKUHP Bila Disahkan Dapat Menghukum Para Pengkritik"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia