Sering Masuk ke Tempat Sempit, Ternyata Kucing Punya Kemampuan Ini

Sering Masuk ke Tempat Sempit, Ternyata Kucing Punya Kemampuan Ini

Anisa Rizki - detikEdu
Sabtu, 05 Nov 2022 13:00 WIB
Kucing Bali.
Kenapa kucing bisa masuk tempat sempit? Foto: Mary Desmond/Wikimedia Commons
Jakarta -

Detikers pasti sering menyaksikan kucing menyelinap ke tempat-tempat sempit, bahkan lubang kecil sekalipun. Anehnya lagi, mereka bisa masuk ke dalam wadah tertentu dan menyesuaikan tubuhnya dengan baik.

Tak jarang, kucing disebut sebagai hewan yang fleksibel. Bahkan di tahun 2014, ada sebuah studi yang menyelidiki apakah kucing termasuk cairan.

Bagaimana cara kucing menyesuaikan dirinya masuk ke tempat-tempat sempit?

Bahu Kucing Melekat dengan Otot

Mengutip dari Live Science pada Sabtu (5/11/2022), kemampuan kucing yang unik ini karena bahunya melekat ke otot. Bahu kucing tidak seperti bahu manusia, yang melekat dengan tulang.

Catonsville Cat Clinic di Maryland, Amerika Serikat menjelaskan bahwa fitur anatomi kucing inilah yang membantunya bisa masuk melalui tempat dan lubang-lubang kecil.

"Mampu menyesuaikan tubuhnya di tempat kecil dan lubang sempit memudahkannya saat berburu mangsa kecil seperti tikus," ungkap Nathalie Dowgray, kepala International Society of Feline Medicine di Inggris.

Selain itu, kumis kucing juga membantu mereka untuk masuk ke tempat-tempat sempit. Sebagai informasi, ketebalan kumis mereka mencapai dua kali lebih dari bulu-bulunya.

"Pangkal kumis kucing diciptakan dengan ujung saraf, sehingga memberi mereka sistem navigasi yang sangat sensitif, termasuk menilai ukuran ruang kecil sebelum mereka mencoba masuk ke dalamnya," tambah Dowgray.

Punya Tulang Belakang yang Lentur

Fakta unik lainnya tentang kucing yaitu mereka mampu memutar tulang belakan gserta tubuhnya sesuka hati, seperti dikutip dari Cornell Center for Material Research. Tulang punggung kucing tersambung dengan saraf yang sangat fleksibel, disertai bantalan-bantalan yang elastis.

Lenturnya tulang belakang kucing memungkinkan mereka melakukan aksi akrobatik hingga berlari dengan sangat cepat. Kucing juga memanjangkan punggungnya yang lentur ketika berlari.

Apakah Kucing Tergolong Sebagai Cairan?

Marc-Antoine Fardin, seorang fisikawan di Paris Diderot University menyelidiki pertanyaan tersebut dalam sebuah studi tahun 2014. Karena itu juga ia memenangkan Nobel lg, sebuah parodi Nobel yang membuat orang tertawa lalu berpikir.

Dalam studinya, Fardin menjelaskan kucing bisa berbentuk cair atau padat, tergantung situasinya. Cairan secara umum memiliki definisi sebagai bahan yang menyesuaikan bentuk dengan wadahnya.

Seperti yang umum diketahui, kucing bisa menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan wadah yang ia tempati. Mereka bisa masuk ke dalam bak cuci, vas, mangkuk, bahkan toples sekalipun.

"Kucing biasanya memilih untuk bersembunyi di ruang kecil seperti kolong tempat tidur saat mereka stres atau ketakutan. Ini membantu mereka merasa lebih aman dan terlindungi," kata Dowgray.



Simak Video "Jualan Kucing Bengal Cuan Hingga Belasan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia