Karakteristik Umum Teks Prosedur dan Strukturnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 11 Agu 2022 08:00 WIB
pelepas stres bisa menulis
Foto: Thinkstock/Menulis Teks
Jakarta -

Teks prosedur adalah sebuah teks atau tulisan yang menjelaskan langkah-langkah atau cara-cara tertentu untuk mengerjakan sesuatu. Lantas seperti apa karakteristik teks prosedur?

Melansir laman Kemdikbud RI, teks prosedur memiliki tujuan untuk memberi pemahaman terhadap suatu pekerjaan secara terstruktur dan juga sistematis.

Selain itu, menulis teks prosedur juga memiliki tujuan lain seperti untuk mengarsipkan, memberi tahu, memberi petunjuk, dan masih banyak kemungkinan lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, teks prosedur sering digunakan untuk memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat.


Karakteristik Umum Teks Prosedur

Dalam ilmu kebahasaan, teks prosedur memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainnya.

Dalam teks prosedur, ciri yang paling menonjol adalah terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan. Tak jarang juga teks prosedur mengandung material, bahan-bahan, ataupun peralatan yang perlu disiapkan.

Untuk memahami lebih lanjut berikut 10 karakteristik umum teks prosedur selengkapnya:


1. Terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan

2. Memakai pola kalimat perintah

3. Menggunakan kalimat saran atau larangan (Contoh teks prosedur : Untuk mencapai hasil terbaik, pilihlah bambu yang berumur masih muda)

4. Memakai kata kerja aktif

5. Memakai kata penghubung untuk menyatakan waktu (kemudian, ketika, sebelum, sementara, sesudah itu), tujuan (supaya, untuk, agar), urutan (pertama, kedua, ketiga)

6. Menggunakan kriteria atau batasan (Contoh: langkahkan kaki kanan dua kali dan pada hitungan 4 bertepuk tangan)

7. Penggunaan kata keterangan cara (Contoh teks prosedur: Bungkuslah adonan dengan rapat), keterangan alat, keterangan tujuan, keterangan derajat/kualitas (Contoh: Ulangi gerakan selama tiga kali), keterangan akibat (contoh: Goreng adonan hingga kecoklatan), dan keterangan syarat

8. Terdapat penggunaan akhiran -i dan akhiran -kan (Contoh: Lumuri loyang dengan mentega)

9. Bersifat objektif

10. Disusun secara informatif.


Struktur Teks Prosedur


1. Judul

Judul adalah nama dari aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan. Contohnya seperti Cara Menyeduh Kopi Sachet, Langkah Mitigasi Risiko Bencana Banjir, dan Tutorial Membuat Kursi dari Kardus.

2. Tujuan

Setelah judul, terdapat pengantar umum sebagai penanda apa yang akan dibuat atau dilakukan. Di dalam tujuan, wajib menyebutkan apa yang hendak dibuat atau dilakukan. Gunakanlah pilihan kata-kata yang menarik perhatian serta menghindari ungkapan negatif.

3. Bahan atau Alat

Struktur teks prosedur ini sebenarnya bisa ada ataupun tidak, tergantung dari konteks teks prosedur yang dibicarakan.

Tetapi pada umumnya, bahan atau alat terdapat dalam teks prosedur yang membahas tentang pembuatan sebuah hal.

4. Langkah

Langkah adalah hal yang paling utama di dalam sebuah teks prosedur. Bagian ini berisi tahapan, urutan kronologis, maupun panduan yang disusun secara runut.

Disajikan dalam bentuk uraian paragraf atau penomoran. Selain itu, langkah teks prosedur menggunakan kata penghubung (waktu, tujuan, urutan) dan juga kalimat perintah (saran atau larangan).


5. Penutup

Bagian penutup merujuk ke hal-hal pokok yang disebutkan di pendahuluan dan diulang dengan bentuk sinonim, isinya memotivasi orang untuk melakukan tujuan tersebut.

Di bagian penutup teks prosedur bisa ditambahkan kata-kata yang memotivasi. Contohnya seperti membuatnya cukup sederhana bukan? atau kue nikmat ini siap disantap.

Nah, itulah karakteristik umum teks prosedur dan strukturnya. Selamat belajar detikers!



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia