Agrowisata, Hamparan Alam Jadi Destinasi Wisata

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Selasa, 12 Jul 2022 14:00 WIB
Wisatawan menikmati suasana alam Agrowisata Kebun Teh, Warpat, Puncak Pass, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Kebun teh merupakan salah satu tujuan wisata di kawasan Puncak bagi warga dalam mengisi libur panjang Lebaran. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Agrowisata kebun teh di Puncak Pass, Kabupaten Bogor. Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Jakarta -

Agrowisata adalah wisata alam yang memanfaatkan bidang pertanian atau perkebunan. Kombinasi keduanya menjadi destinasi wisata yang diminati pelancong belakang ini.

Di samping berjalan-jalan, pengunjung destinasi agrowisata juga bisa mendapatkan edukasi terkait pertanian dan perkebunan setempat.

Tujuan dan Manfaat Agrowisata

Berikut beberapa manfaat dari agrowisata, seperti dikutip dari situs resmi Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan:

  • Peningkatan terhadap konservasi lingkungan
  • Peningkatan akan nilai estetika dan keindahan alam
  • Upaya memberikan nilai rekreasi
  • Peningkatan kegiatan ilmiah serta pengembangan ilmu pengetahuan
  • Upaya mendapatkan keuntungan ekonomi sebagai mata pencarian penduduk setempat.

Perlu diketahui bahwa tujuan utama pemanfaatan alam sebagai agrowisata atau destinasi wisata adalah sebagai pengalaman rekreasi, memperluas pengetahuan. Tujuan lain pemanfaatan agrowisata adalah untuk membangun hubungan usaha di bidang pertanian.

Agrowisata di Negeri Agraris, Indonesia

Salah satu cara untuk memanfaatkan potensi alam Indonesia adalah menjadikannya destinasi agrowisata. Dengan memanfaatkan alam berupa lahan pertanian dan perkebunan, penduduk setempat bisa memperoleh keuntungan. Sebab, agrowisata menciptakan daya tarik tersendiri bagi suatu daerah di mata pengunjung.

Contoh, di negara yang kaya akan lahan pertanian, agrowisata menjadi salah satu opsi bagi para pengunjung yang ingin beristirahat dari hiruk-pikuk perkotaan.

Kesibukan di kota-kota besar akan membuat jenuh masyarakat. Hiburan dan kenikmatan yang diberikan oleh alam memberi opsi suasana berbeda.

Pemandangan alam di destinasi agrowisata dapat memanjakan para wisatawan. Pelancong juga dapat menikmati hasil tanaman segar dan murni yang dipetik langsung dengan tangan sendiri di kebun atau ladang wisata.

Mengembangkan agrowisata juga beriringan dengan menampilkan budaya lokal. Praktik ini memungkinkan pengunjung mengenal ragam budaya Indonesia, khususnya ragam budaya setempat, melalui agrowisata.

Melansir detikTravel, ada beberapa agrowisata yang direkomendasikan, di antaranya adalah Desa Besur (Lamongan), Taman Suruh (Banyuwangi), Desa Sebatu (Bali), dan Desa Kembang Kuning (Lombok Timur).

Bagaimana detikers, tertarik berkunjung ke destinasi agrowisata di masa libur sekolah ini?



Simak Video "Aneka Pilihan Merk Baju di Trans Studio Mall Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia