ADVERTISEMENT

Alat Musik Tifa Berasal dari Mana? Simak Jawabannya di Sini

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Senin, 04 Jul 2022 16:00 WIB
alat musik tradisional papua tifa
Alat musik tradisional bernama tifa. Foto: istimewa
Jakarta -

Tifa merupakan alat musik tradisional yang paling terkenal berasal dari bagian timur Indonesia, yaitu kawasan Papua dan Maluku. Tifa memiliki bentuk tabung menyerupai gendang dengan ukuran yang panjang. Ada berbagai macam jenis tifa, yaitu tifa jekir, tifa potong, tifa dasar, dan tifa bas, seperti dijelaskan dalam artikel resmi Kemenparekraf.


Meskipun memiliki nama yang sama, tifa yang berasal dari Maluku dengan tifa yang berasal dari Papua memiliki beberapa perbedaan pada bentuknya. Dengan begitu, asal kedua tifa tersebut dapat diketahui melalui cirinya.


Mengutip buku berjudul Ensiklopedia Alat Musik Tradisional oleh Toto Sugiarto, dkk., bagian tengah tifa yang berasal dari Papua dibuat lebih melengkung. Tifa Papua juga memiliki pegangan di salah satu sisinya. Tidak hanya itu, tifa tersebut umumnya memiliki bentuk yang panjang dan tidak melebar. Tifa Papua memiliki ukiran hiasan etnik sebagai ciri khasnya. Sedangkan tifa dari Maluku memiliki bentuk tabung dan tidak memiliki pegangan serta polos tanpa ukiran.


Tifa dibuat dengan sebatang kayu yang tengahnya dibuat kopong atau dikosongkan isinya. Satu sisi tifa yang lebih lebar ditutup dengan kulit rusa, yang mana kulit ini yang nantinya akan menghasilkan sebuah suara. Kulit rusa tersebut dikeringkan dan dipasangkan di salah satu sisi batang kayu. Kulit rusa ini akan menghasilkan suara yang indah ketika dipukul. Tifa juga menggunakan kulit binatang sebagai membran yang dililit melingkar dengan rotan agar kencang.


Cara memainkan tifa adalah dengan dipukul. Kemudian alat musik tersebut akan mengeluarkan suara ritmis dan suara ketipung yang nyaring. Biasanya, masyarakat Papua dan Maluku memainkan alat musik tifa untuk mengiringi tarian tradisional, lagu daerah, pertunjukan musik, pertunjukan kesenian, dan juga digunakan saat upacara adat.



Simak Video "Mengenal Jegog, Seni Musik Tradisional Jembrana Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia