Mengenal Hewan Melata: Pengertian, Morfologi, Ciri-ciri, dan Contohnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 15:00 WIB
kadal anolis
Kadal merupakan salah satu contoh hewan melata (Foto: Getty Images/iStockphoto/phototrip)
Jakarta -

Apakah kamu pernah bertemu dengan ular dan kadal? Jika iya, maka kamu secara tidak langsung sedang berjumpa dengan hewan melata. Hewan melata adalah spesies hewan bertulang belakang (vertebrata) yang berdarah dingin dan memiliki sisik pada kulitnya.

Menurut Halliday Adler dalam bukunya yang berjudul The Encyclopedia of Reptiles and Amphibians, hewan melata atau sering disebut reptil ini terdiri dari 905 genus dengan 6.547 spesies.

Jumlah ini akan terus berkembang seiring dengan kemajuan penelitian dan kajian mengenai dunia fauna.

Pengertian Hewan Melata

Mengutip dari buku Panduan Lapangan Mengenal Satwa Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang ditulis oleh Ario, hewan melata adalah sekelompok vertebrata yang merupakan hewan ectothermic dengan suhu tubuh yang memiliki ketergantungan terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

Hewan melata memiliki kemampuan yang sangat baik dalam beradaptasi atau menyesuaikan diri di tempat yang kering di tanah.

Kemudian, hewan ini juga memiliki penandukan atau cornificatio kulit dan squama atau carapace untuk menjaga banyak hilang nya cairan dari tubuh pada tempat yang kasar.

Di Indonesia sendiri, ada kurang lebih 511 jenis dan 150 endemik hewan melata di penjuru daerah.

Di mana ada sekitar 407 hewan melata sejenis kadal yang berada di wilayah Jawa, Sumatera, Borneo (Kalimantan), Nusa Tenggara, Sulawesi, hingga Maluku dan Papua.

Akan tetapi, kerusakan alam yang dilakukan oleh manusia secara masif menenggelamkan beberapa spesies hewan melata.

Padahal Indonesia sendiri merupakan salah satu dari tujuh negara dengan megabiodiversitas yang dikenal sebagai pusat konsentrasi keanekaragaman hayati dunia.

Morfologi Hewan Melata

Umumnya, morfologi dari hewan melata ini terdiri dari kepala yang terpisah, lalu ada leher, tubuh, dan ekor dari anggota tubuhnya yang berukuran pendek.

Kemudian, hewan melata ini juga memiliki sejumlah jari yang pada bagian ujungnya dilengkapi dengan cakar. Akan tetapi, ada juga spesies hewan melata yang tidak memiliki jari.

Kemudian, pada bagian mulutnya terdapat gigi yang besar dan panjang. Lalu, ada mata dari hewan melata yang berukuran relatif besar dan terletak pada lateral dengan kelopak atas dan bawah.

Di lain sisi, hewan melata juga memiliki membran pengelip transparan yang dapat bergerak di bawah kelopak mata.

Tidak hanya itu, morfologi dari hewan melata yang khas terlihat dari daun telinga berukuran kecil terletak dibelakang mata dan anus terletak longitudinal di belakang pangkal kaki belakang.

Terakhir, ada sisik di bagian tubuh hewan melata yang memiliki fungsi untuk melindungi diri dari kekeringan.

Ciri-ciri Hewan Melata

Menyadur dari Modul Taksonomi Vertebrata Kelas Reptil yang disusun oleh Melly Aprilia jika hewan melata memiliki beberapa ciri-ciri yang unik dan khas. Kira-kira apa saja?

  • Tubuh dibungkus oleh kulit kering yang bersisik atau menanduk, biasanya dengan sisik atau ber-carapace, beberapa ada yang memiliki kelenjar permukaan kulit.
  • Mempunyai dua pasang anggota yang masing-masing 5 jari dengan kuku-kuku yang cocok untuk lari, mencengkeram dan naik pohon. Bagi yang masih hidup di air kakinya memiliki bentuk duyung, dan pada ular bahkan tidak memilikinya
  • Bernapas melalui paru-paru, pada penyu juga bernapas dengan cloaca
  • Berdarah dingin, dengan kata lain tidak memiliki suhu badan tetap, melainkan suhu tubuh tergantung pada lingkungan
  • Fertilisasi terjadi di dalam tubuh, biasanya memiliki alat kopulasi, telur besar dengan banyak yolk, berselaput kulit lunak atau bercangkok tipis. Kebanyakan hewan melata bertelur (ovipar), walaupun setengahnya adalah (ovovivipar), menyimpan telur di dalam perut ibu sehingga menetas.
  • Memiliki ukuran tubuh bervariasi. Memiliki ukuran tubuh yang terdiri dari kepala, leher, badan, dan ekor. Tengkorak memiliki satu tonjolan yang berada di bagian belakang.
  • Hewan melata atau reptil merupakan hewan poikiloterm (berdarah dingin). Di mana mengontrol suhu tubuhnya bukan dengan metabolisme tubuh, melainkan dengan adaptasi tingkah laku
  • Alat pencernaan dimulai dari mulut, faring, esophagus, lambung, usus halus, usus besar, dan kloaka

Contoh Hewan Melata

Nah, setelah kamu memahami pengertian, morfologi, hingga ciri-ciri dari hewan melata, yuk lihat contohnya di bawah ini:

  • Kura-kura
  • Kadal
  • Ular
  • Buaya
  • Iguana
  • Komodo
  • Tokek
  • Penyu


Simak Video "Bukan Hanya Manusia, 5 Hewan Ini Juga Pernah Terbang ke Luar Angkasa "
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia