8 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas, Apa Saja?

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Senin, 27 Jun 2022 16:00 WIB
Banana tree with bunch of growing ripe green bananas, plantation rain-forest background.
Pohon pisang, salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas. (iStock)
Jakarta -

Siapa nih dari para detikers yang hobi merawat tumbuhan dan bahkan mengembangbiakkan. Tunas adalah salah satu bentuk perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan yang sama. Kira-kira apa saja tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas?

Nah, sebelum jauh membahas mengenai contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas, maka kamu harus paham terlebih dahulu apa itu tunas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tunas adalah tumbuhan muda yang baru tumbuh atau timbul.

Mengenal Tunas dalam Perkembangbiakkan Tumbuhan

Tunas sendiri merupakan bentuk dari perkembangbiakan secara vegetatif alami. Menurut Modul Ilmu Pengetahuan Alam yang dikeluarkan oleh Kemendikbud pada tahun 2018, perkembangbiakan secara vegetatif alami artinya terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia.

Secara teknis, tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas tetap akan menempel pada tumbuhan induk. Kemudian, tunas akan berpisah dari tumbuhan induk ketika sudah matang.

Biasanya, tunas akan muncul pada pangkal batang yang terdapat di dalam tanah. Sehingga tunas baru akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Kemudian, ada istilah tunas biasa dan tunas adventif dalam proses berkembang biak suatu tanaman. Apa perbedaannya?

Tunas biasa adalah tunas yang tumbuh pada bagian ketiak daun dan tunas adventif adalah yang muncul selain dari bagian ketiak daun. Tetapi kedua tetap masuk ke dalam proses perkembangbiakan dengan tunas.

8 Contoh Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas

1. Pohon Pisang

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas pertama adalah pohon pisang. Namun secara spesifik, tumbuhan pisang ini melakukan proses berkembang biak dengan tunas adventif yang dapat dilihat dari tunas di bagian akar pohon pisang.

2. Bambu

Tumbuhan bambu bereproduksi dengan cara vegetatif melalui tunas. Hal ini dapat dilihat dari secara alamiah bahwa batang bambu akan jatuh ke dalam tanah. Sehingga dalam interval waktu 3-4 bulan, tumbuhan bambu akan tumbuh secara vertikal.

3. Pohon Sukun

Tumbuhan sukun merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan mekanisme vegetatif menggunakan tunas adventif. Yap, hal ini dapat dilihat secara kasat mata pada adanya tunas pada akar tumbuhan sukun yang menjalar ke permukaan tanah.

4. Kesemek

Sama halnya dengan tumbuhan sukun, tumbuhan kesemek juga berkembang biak dengan cara vegetatif tunas adventif pada akarnya. Sehingga secara alami tunas baru akan terlihat muncul pada akar tumbuhan kesemek.

5. Cemara

Selanjutnya, ada tumbuhan yang memiliki daun ramping dan runcing yaitu cemara. Tumbuhan cemara juga menerapkan cara reproduksi secara vegetatif melalui tunas adventif. Tunas adventif pada tumbuhan cemara akan terlihat pada tumbuhnya tunas muda di bagian akarnya.

6. Pinang

Tumbuhan pinang adalah beberapa contoh dari tumbuhan yang menerapkan cara berkembang biak dengan tunas. Tumbuhan yang tumbuh dari tunas ini tidak tumbuh dari biji, tetapi tumbuh dari ketiak daunnya.

7. Kersen

Sebenarnya, tumbuhan kersen ini dapat melakukan reproduksi secara vegetatif alami dan buatan. Jika alami, maka tumbuhan kersen akan berkembang biak dengan tunas adventif di sekitar bagian akarnya.

Sedangkan tumbuhan kersen yang menerapkan vegetatif buatan yang dibantu oleh manusia, maka dapat berkembang biak dengan cara okulasi dan cangkok.

8. Cocor Bebek

Terakhir, ada tumbuhan cocor bebek yang mengimplementasikan metode vegetatif alami dengan cara tunas adventif. Hal ini dapat dilihat secara eksplisit pada tunas yang muncul pada daun tumbuhan cocor bebek, tepatnya di bagian ujung daun.

Itu adalah contoh dari tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas. Apakah detikers punya salah satunya?ve



Simak Video "Beli Mobil Listrik Kian Mudah, Bisa DP Ringan Hingga Kredit Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia