Logo HUT Jakarta 2022 Ternyata Punya Makna Ini Lho!

Nada Zeitalini Arani - detikEdu
Rabu, 22 Jun 2022 09:00 WIB
Logo HUT Jakarta 2022
Logo HUT Jakarta 2022, apa maknanya? (Dok. plus.jakarta.go.id)
Jakarta -

Provinsi DKI Jakarta kembali memperingati hari jadinya yang ke-495 pada hari ini, Rabu (22/6/2022). Pada perayaan kali ini logo HUT Jakarta 2022 disisipi dengan istilah nama menarik yaitu 'Jakarta Hajatan' dan angka usia 495 yang tersusun dari komposisi unsur dan warna.

Jakarta Hajatan adalah jenama berkelanjutan yang melingkupi ragam kegiatan perayaan ulang tahun Jakarta yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah. Tak kalah menariknya logo pada HUT Jakarta kali ini ternyata punya filosofi atau makna unik, lho.

Logo HUT Jakarta 2022 ini berisikan nama peringatannya yaitu Jakarta Hajatan yang diikuti bahasa Inggris di bawahnya yakni Celebrate Jakarta, serta tulisan slogan 'Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi' di bagian bawahnya lagi. Kemudian di samping kiri logo tersebut terdapat angka 495 yang menjadi umur baru dari kota Jakarta.

Unsur pada Logo HUT Jakarta 2022

Penyematan angka 495 yang merupakan representasi usia kota saat ini mempunyai berbagai unsur yang terkandung untuk memberikan makna serta pesan akan pencapaian kota Jakarta yang telah, sedang, dan terus dilakukan, sebagai berikut:

1. Angka 4

  • Jakarta International Stadium
  • Kota Digital
  • Laut
  • Emas Monas
  • Pembangunan

2. Angka 9

  • Kereta Cepat dan Kejuaraan Mobil Listrik
  • Bus Listrik
  • U20
  • Warga Bahagia

3. Angka 5

  • Ondel-Ondel
  • Patung Selamat Datang
  • Bundaran HI

Filosofi Warna Logo HUT Jakarta 2022

Tidak hanya unsur-unsur gambar yang tersusun pada angka 495 di logo HUT Jakarta. Namun, angka tersebut juga terdiri dari campuran 6 warna mencolok yang ternyata punya arti berikut ini.

1. Warna hijau menjadi ciri khas kebudayaan Betawi yang dimaknai sebagai harmonisasi masyarakat Betawi dengan suku lain.

2. Warna biru mewakili pergerakkan masyarakat Jakarta yang berdampingan dan saling terkoneksi.

3. Warna kuning dilambangkan sebagai emas monas yang juga menggambarkan Jakarta yang berbakat dalam berbisnis dan menuju kota global.

4. Warna Jingga menggambarkan bus berarti melambangkan kerja keras kota Jakarta.

5. Warna pink melambangkan semangat cerah masyarakat Jakarta menyambut G20.

6. Terakhir warna biru tua melambangkan berbagai acara internasional yang diselenggarakan di jakarta salah satunya Formula E.

Slogan pada Logo HUT Jakarta 2022

Bukan hanya unsur angka dalam grafis logo HUT Jakarta, ada pula penulisan slogan dalam peringatan Jakarta Hajatan. Slogan yang diusung yaitu Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi. Masing-masing kata dalam slogan tersebut mempunyai filosofi tersendiri, di antaranya:

1. Kolaborasi: slogan ini merupakan identitas sekaligus semangat kota Jakarta sebagai 'Kota Kolaborasi'.

2. Akselerasi: kata ini menunjukkan upaya kota Jakarta untuk terus maju.

3. Elevasi: ini merupakan visi kota Jakarta yang terus bertumbuh di kancah global.

Itulah filosofi unik dibalik logo HUT Jakarta 2022. Dalam semarak peringatan hari jadinya, kota Jakarta juga mengajak masyarakat memeriahkannya dengan berbagai acara mulai dari bazar hingga malam puncak perayaan.



Simak Video "Di Kepulauan Seribu Anies Buka Rangkain Jakarta Hajatan ke-495"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia