ADVERTISEMENT

Indonesia Dilewati Fenomena Bulan Hitam, Begini Dampak yang Bakal Terjadi

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 30 Mei 2022 12:00 WIB
Tire track on the desert at supermoon night.
Foto: istock/Ilustrasi bulan
Jakarta -

Fenomena bulan hitam merupakan salah satu peristiwa dalam astronomi yang kerap terjadi. Fenomena tersebut kembali muncul di Indonesia pada akhir Mei 2022 ini.

Dalam istilah astronomi, bulan hitam memiliki setidaknya empat definisi berbeda. Apa saja?

Pengertian Bulan Hitam

Mengutip CNN Indonesia, Peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang menjelaskan empat definisi bulan hitam, yakni:

1. Bulan hitam adalah fase bulan baru yang kedua dalam satu bulan Masehi. Fenomena ini cukup sering terjadi karena berlangsung periodik dengan periode 29 bulan.

2. Bulan hitam adalah fase bulan baru ketiga dalam musim astronomis yang mengandung empat fase bulan baru. Fenomena ini terjadi setiap 33 bulan.

3. Bulan hitam adalah fenomena di mana tidak terdapat fase bulan baru di bulan Februari. Fenomena ini terjadi setiap 19 tahun sekali.

4. Bulan hitam adalah fase bulan purnama di bulan Februari. Fenomena ini terjadi setiap 19 tahun sekali.

"Fenomena bulan hitam bisa terjadi berbeda-beda di setiap tempat dikarenakan zona waktu yang digunakan berbeda-beda di setiap tempat," ucap Andi.

Apa Dampak yang akan Terjadi?

Menurut Andi, fenomena bulan hitam ini dapat menyebabkan naiknya pasang laut. Dia juga mengimbau masyarakat untuk waspada saat hendak melaut.

"Sebagaimana fase bulan baru pada umumnya, bulan hitam dapat mengakibatkan naiknya pasang laut dibandingkan hari-hari lainnya ketika konfigurasi Bumi-Bulan-Matahari tidak segaris jika diamati dari atas kutub. Masyarakat diimbau agar tidak melaut saat air laut sedang pasang," paparnya.

Adapun waktu fase bulan baru keenam pada 2022 terjadi pada 30 Mei pukul 11.30.08 Universal Time (UT). Dengan waktu ini berarti untuk wilayah Eropa bagian Timur, Indonesia, hingga Kepulauan Line baru akan mengalami bulan hitam di penghujung Mei 2022.

Fenomena Bulan Hitam di Indonesia

Fenomena bulan hitam sebagai bulan baru kedua di dalam bulan Masehi sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada 31 Oktober 2016 dan 30 Agustus 2019.

Kemudian, bulan hitam sebagai bulan baru ketiga di dalam musim astronomis yang mengandung empat fase bulan baru sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada 22 Agustus 2017 dan 19 Agustus 2020.

Sedangkan, bulan hitam tripel (dua bulan hitam di akhir bulan Masehi dan tidak ada bulan baru di bulan Februari) pernah terjadi di Indonesia pada 2014.

Fenomena bulan hitam ini juga akan terjadi lagi beberapa tahun ke depan. Jadi simak terus fenomena astronomis ini ya, detikers!



Simak Video "Melihat Keindahan Strawberry Supermoon di Belakang Kuil Kuno Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia