Belajar Bantu Kamu Sukses, Benarkah? Ini 6 Alasannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 24 Mei 2022 09:30 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock/Belajar Bantu Kamu Sukses, Benarkah? Ini 6 Alasannya
Jakarta -

Pendidikan menjadi salah satu aspek penting bagi seseorang dalam menunjang sebuah kesuksesan selain kerja keras dan usaha. Bahkan banyak orang percaya, pendidikan adalah kunci kesuksesan.

Proses pendidikan identik dengan belajar tanpa henti secara formal dan non formal di semua jenjang usia. Aktivis hak-hak sipil, Martin Luther King, Jr, berkata, pendidikan adalah proses pengajaran yang sangat penting.

"Fungsi pendidikan adalah mengajarkan seseorang untuk berpikir secara intensif dan berpikir kritis. Kecerdasan plus karakter, itulah tujuan pendidikan sejati," kata Martin Luther King, Jr.

Meski kesuksesan tidak harus diraih dengan pendidikan tinggi, namun kata-kata Martin Luther King mampu memperluas pikiran tentang pendidikan dalam menunjang kesuksesan, terutama di bidang profesional.

Mengutip laman University of the People California, setidaknya ada 8 alasan mengapa pendidikan penting untuk menunjang kesuksesan. Berikut ini rangkumannya.


6 Alasan Mengapa Pendidikan Penting untuk Kesuksesan:


1. Memberi kesempatan untuk mengubah hidup

Bagi banyak orang, pendidikan tinggi mampu memberi diri kesempatan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Dari segi perekonomian, mungkin saja setelah lulus bisa menjadi manajer alih-alih menjadi karyawan tingkat pemula.

Seiring berjalannya waktu, kecakapan yang dimiliki selama menempuh pendidikan tinggi juga bisa membuka karier yang lebih luas dan menarik.

2. Melatih nalar kritis

Saat memperoleh pendidikan, seseorang akan memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang benar, salah, adil dan tidak adil.

Pada jenjang pendidikan tinggi, seseorang juga dapat mengembangkan penalaran dan keterampilan berpikir kritis, yang kemudian bisa diterapkan pada situasi dalam hidup.

Hal ini cukup penting dimiliki guna mencapai kesuksesan di masa depan.

3. Memberi keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan

Setelah mendapatkan gelar sarjana, seseorang akan memiliki manajemen waktu yang baik, kecakapan berkomunikasi, hingga keterampilan sesuai jurusan yang didalami.

Keterampilan tersebut sangat penting untuk masa depan dan bisa membantu seseorang sukses di tempat kerja dan sanggup mengatasi tantangan yang diberikan dunia profesional.

4. Bisa meningkatkan penghasilan

Sebuah studi dari Universitas Georgetown menemukan bahwa, rata-rata, lulusan perguruan tinggi mendapatkan penghasilan tahunan yang besar dibanding lulusan sekolah menengah.

5. Memberi kepercayaan diri dan daya tahan

Gelar dianggap sebagai bukti kecerdasan oleh banyak orang. Bahkan di tingkat sekolah menengah, mendapatkan sertifikat dalam mata pelajaran tertentu adalah cara untuk membuktikan kepada dunia luar bahwa seseorang memiliki pengetahuan mendalam tentang mata pelajaran itu.

Proses belajar saat kuliah membuat seseorang bisa melewati masa-masa sulit, tenggat waktu, hingga komunikasi yang kerap terhambat. Setelah melewatinya, itu akan membantu seseorang untuk percaya pada diri sendiri dan memiliki ketahanan dalam menghadapi suatu hal.

6. Membantu menyalurkan energi

Apapun yang dipelajari saat kuliah, baik itu belajar kayu, ekonomi bisnis, menyanyi atau coding, hal itu akan memberi kesempatan untuk menyalurkan energi yang keluar dari tubuh dan otak.

Mempelajari keterampilan atau subjek baru dapat membantu diri merasa lebih energik, memiliki tujuan, dan positif tentang kehidupan secara umum.

Nah, itulah 6 alasan mengapa pendidikan penting untuk menunjang kesuksesan.



Simak Video "Sudah Dua Bulan Siswa SDN di Lumajang Ini Belajar di Tenda Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia