6 Orang Terkaya di Indonesia, dari Lulusan SD hingga UI

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 02 Mei 2022 09:00 WIB
Kontingen Indonesia ke Asian Games 2018 diperkuat orang terkaya Tanah Air. Dia Michael Bambang Hartono, yang tampil di cabang olahraga bridge.
Foto: Rifkianto Nugroho/6 Orang Terkaya di Indonesia, dari Lulusan SD hingga UI
Jakarta -

Daftar orang kaya di dunia telah dirilis Majalah Forbes belum lama ini. Dari daftar tersebut, ada beberapa pengusaha kaya Indonesia yang masuk. Siapa saja?

Forbes melaporkan adanya peningkatan kekayaan orang Indonesia di tengah upaya pemulihan ekonomi karena pandemi. Kekayaan gabungan 50 orang terkaya tanah air meningkat 22%, dikutip CNBC Indonesia.

Angka itu dari US$162 miliar atau Rp 2.316 triliun dibandingkan tahun sebelumnya US$133 miliar atau Rp 1.901,90 triliun.

Di Indonesia sendiri, pengusaha-pengusaha Indonesia tersebut telah lama dikenal sebagai orang sukses yang menginspirasi. Namun, dibalik sisi kesuksesan itu, apakah detikers tahu latar pendidikan para pengusaha kaya tersebut?

Berikut ini adalah daftar orang terkaya di Indonesia beserta lulusan pendidikannya.


Daftar Orang Terkaya di Indonesia Beserta Lulusannya:


1. Robert Budi Hartono & Michael Bambang Hartono.- Undip

Orang terkaya nomor satu di Indonesia adalah Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono yang bergerak di bidang perusahaan rokok. Total kekayaannya mencapai US$19,7 miliar atau Rp 285,65 triliun.

Mengutip Campuspedia, ternyata Hartono Bersaudara ini merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro (Undip).


2. Eka Tjipta Widjaja - Lulusan SD

Pendiri grup Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja menjadi orang terkaya kedua di Indonesia dengan total kekayaan sekitar US$9,7 miliar atau Rp 138,71 triliun. Siapa sangka jika, pengusaha sukses ini adalah lulusan SD.


3. Anthoni Salim - University of Colorado, Amerika Serikat

Anthoni Salim adalah seorang lulusan University of Colorado, Amerika Serikat. Menurut Forbes, Anthoni Salim menduduki posisi sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia. Kekayaan bersihnya mencapai US$8,5 triliun.


4. Sri Prakash Lohia - Universitas Delhi

Selanjutnya ada Sri Prakash Lohia yang menjadi orang terkaya keempat di Indonesia. Lulusan Bachelor of Commerce Universitas Delhi diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar US$6,2 miliar.


5. Prajogo Pangestu - Lulusan SMP

Pengusaha Prajogo Pangestu berada di urutan kelima dengan kekayaan US$6,1 miliar atau Rp 88,45 triliun.

Latar belakang pendidikannya sampai tingkat menengah pertama. Hal ini dipengaruhi penghasilan ayahnya yang pas-pasan karena bekerja sebagai penyadap getah karet.


6. Chairul Tanjung - UI

Chairul Tanjung berada di peringkat 6 yang terkaya di Indonesia. Kekayaannya diperkirakan US$5,5 miliar. Diketahui, Pemilik CT Corp itu merupakan lulusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI).

Nah, itulah daftar orang terkaya di Indonesia beserta lulusannya.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia