Serba-Serbi Lebah Madu, Peran dalam Sarang Hingga Kecepatan Terbang

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 16 Mar 2022 15:00 WIB
Larvae of bees in the combs illustration .
Foto: Istockphoto/ Filip_Krstic/Serba-Serbi Lebah Madu, Peran dalam Sarang Hingga Kecepatan Terbang
Jakarta -

Lebah madu adalah salah satu kelompok serangga dalam famili Apidae (ordo Hymenoptera) yang dalam arti luas mencakup semua lebah yang membuat madu.

Mengutip Britannica, lebah madu termasuk serangga sosial yang hidup bersama dalam sarang. Uniknya, ketika di dalam sarang, lebah madu kerap melakukan gerakan menari untuk menyampaikan informasi kepada sesama lebah tentang lokasi, jarak, ukuran, dan kualitas sumber makanan tertentu di daerah sekitarnya.

Lebah madu juga dikenal sebagai penyerbuk yang sangat penting untuk bunga, buah-buahan, dan sayuran. Lebah mentransfer serbuk sari antara bagian jantan dan betina, memungkinkan tanaman menumbuhkan biji dan buah.


Lantas apa lagi keunikan lebah madu? Berikut ini ulasannya dikutip dari laman National Geographic Kids.


6 Keunikan Lebah Madu yang Jarang Diketahui:


1. Ada 3 peran anggota sarang

Anggota sarang lebah madu dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan perannya, yakni


- Ratu: Satu ratu menjalankan seluruh sarang. Tugasnya adalah bertelur yang akan menelurkan generasi lebah berikutnya. Ratu juga memproduksi bahan kimia yang memandu perilaku lebah lainnya.


- Pekerja: ini semua betina dan peran mereka adalah mencari makanan (serbuk sari dan nektar dari bunga), membangun dan melindungi sarang, membersihkan dan mengedarkan udara dengan mengepakkan sayapnya. Pekerja adalah satu-satunya lebah yang pernah dilihat kebanyakan orang terbang di luar sarang.


- Drone: Ini adalah lebah jantan, dan tujuannya adalah untuk kawin dengan ratu baru. Beberapa ratus hidup di setiap sarang selama musim semi dan musim panas. Tapi datang musim dingin, ketika sarang masuk ke mode bertahan hidup, drone ditendang keluar!


2. Larva muda dipilih jadi ratu

Jika ratu lebah mati, maka lebah pekerja akan membuat ratu baru dengan memilih larva muda (bayi serangga yang baru menetas).

Lebih pekerja memberinya makanan khusus yang disebut "royal jelly" yang memungkinkan larva untuk berkembang menjadi ratu yang subur.


3. Kecepatan terbang mencapai 25 km/jam

Lebah madu adalah penerbang yang luar biasa. Mereka terbang dengan kecepatan sekitar 25 km per jam dan mengepakkan sayapnya 200 kali per detik.


4. Indra penciuman tajam

Setiap lebah memiliki 170 reseptor bau sehingga mereka memiliki satu indra penciuman yang tajam. Hal ini berguna untuk berkomunikasi di dalam sarang dan mengenali berbagai jenis bunga saat mencari makanan.


5. Lebah pekerja hidup hingga enam minggu

Rata-rata lebah pekerja hidup hanya selama lima sampai enam minggu. Selama waktu ini, dia akan menghasilkan sekitar dua belas sendok teh madu.


6. Lebah ratu bertelur hingga 2.500 per hari

Ratu bisa hidup sampai lima tahun. Dia paling sibuk di bulan-bulan musim panas, ketika dia bisa bertelur hingga 2.500 telur sehari.


Itulah 6 keunikan lebah madu yang jarang diketahui. Apakah detikers sudah pernah melihat sarang lebah madu secara langsung?



Simak Video "Berinteraksi Langsung Dengan Lebah Madu di Peternakan Lebah Kota Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia