Ini Perbedaan Teluk dengan Tanjung, Jangan Tertukar Ya!

Rika Pangesti - detikEdu
Senin, 31 Jan 2022 13:30 WIB
Ilustrasi Teluk Palu
Salah satu teluk di Palu. Apa bedanya teluk dan tanjung? (Chandra Hamzah Marola/dTraveler)
Jakarta -

Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal ini pula yang membuat Indonesia memiliki banyak teluk dan tanjung sebagai bagian dari pulau. Lantas, apa perbedaan di antara keduanya?

Meskipun sama-sama dapat ditemukan pada garis pantai yang sama, keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Teluk kerap kali disebut kebalikan dari tanjung.

Teluk adalah lautan atau tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya, seperti dikutip dari buku IPS Paket B kelas XI terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Teluk sering dimanfaatkan sebagai pelabuhan karena letaknya yang strategis dan dikelilingi daratan. Hal ini mempermudah teluk untuk menghubungkan kapal laut dengan pulau. Selain itu, daerah sekitar teluk juga banyak dibangun dermaga sebagai jembatan.

Contoh teluk yang ada di Indonesia adalah Teluk Jakarta, Teluk Bone di Sulawesi, Teluk Cendrawasih di Papua, Teluk Bakong di Kalimantan, Teluk Bayur di Padang, Teluk Labuan Bajo, Teluk Maumere di NTT dan masih banyak teluk lainnya.

Sebaliknya, tanjung Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri adalah tanah ujung yang diartikan sebagai daratan yang menjorok ke laut dan ketiga sisinya dikelilingi oleh lautan. Tanjung yang luas disebut semenanjung dan tanjung yang sempit disebut ujung.

Contoh tanjung yang ada di Indonesia adalah Tanjung Priok di Jakarta, Tanjung Pasir di Tangerang, Tanjung Puting di Kalimantan, Ujung Kulon di Jawa Barat, Tanjung Jabung di Jambi, Tanjung Api di Sulawesi dan masih banyak tanjung lainnya.

Setelah memahami pengertian dari teluk dan tanjung, selanjutnya perlu diketahui manfaat dari keduanya. Mengutip buku Geografi SMA karya Cipta Suhud Wiguna, manfaat teluk dan tanjung adalah sebagai berikut.

4 Manfaat Teluk dan Tanjung

A. Manfaat teluk

1. Sebagai pelabuhan kapal
2. Sebagai objek wisata
3. Sebagai tempat memancing
4. Sebagai tempat budidaya ikan


B. Manfaat tanjung

1. Sebagai mengurangi resiko banjir rob
2. Sebagai tempat tambak ikan
3. Sebagai objek wisata
4. Sebagai tempat tinggal nelayan di sekitar pantai

Nah, itulah perbedaan teluk dengan tanjung serta pemanfaatannya. Semoga menambah pengetahuanmu ya, detikers.



Simak Video "Festival Teluk Jailolo, Kemeriahan Pesta Budaya Kebanggan Masyarakat Halmahera, Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(Rika Pangesti/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia