Ayat Seribu Dinar, Doa Pembuka Rezeki dalam Arab dan Latin

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 09:30 WIB
Holy Al-Quran with Allah name on it embraced with beads.
Ilustrasi Al Quran yang memuat doa atau ayat seribu dinar. Foto: iStock
Jakarta -

Tiap ayat dalam Al Quran memiliki keutamaan hingga sebaiknya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya ayat seribu dinar yang merujuk pada QS At Talaq 2-3.

Potongan firman Allah SWT tersebut dikenal sebagai ayat seribu dinar, karena diyakini bisa membuka pintu rezeki. Dikutip dari buku Halal-Haram Ruqyah karya Musdar Bustamam Tambusai, sebetulnya tidak dijelaskan asal mula penyebutan ayat seribu dinar.

"Yang membuat istilah dan menentukan ayat menjadi jumlah seperti itu tidak jelas. Sama halnya dengan sumber kitab yang tidak diketahui, serta waktu pengamalan untuk pembacaan ayat," tulis buku tersebut.

Meski begitu, pembacaan ayat seribu dinar atau At Talaq 2-3 tidak lantas dilarang. Tiap muslim bisa membacanya sambil terus berusaha mengumpulkan rezeki halal dari Allah SWT. Tentunya disertai amalan lain untuk kemudahan rezeki.

Bacaan ayat seribu dinar At Talaq 2-3

2. فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

3. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Arab latin:

2. fa iżā balagna ajalahunna fa amsikụhunna bima'rụfin au fāriqụhunna bima'rụfiw wa asy-hidụ żawai 'adlim mingkum wa aqīmusy-syahādata lillāh, żālikum yụ'aẓu bihī mang kāna yu`minu billāhi wal-yaumil-ākhir, wa may yattaqillāha yaj'al lahụ makhrajā

3. Wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrā

Artinya:

2. "Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar."

3. "Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

Keutamaan ayat seribu dinar

Selain dianggap sebagai doa pembuka rezeki, berikut keutamaan QS At Talaq 2-3 dikutip dari Rahasia keajaiban Ayat Seribu Dinar karya Imam Ghazali:

1. Mengingatkan untuk selalu takwa pada Allah SWT

2. Menyerahkan segala urusan pada Allah SWT demi kelapangan hati dan rezeki

3. Menjadikan sabar dan salat sebagai penolong dan kunci rezeki

4. Selalu berharap baik pada Allah SWT dengan mentaati perintahNya dan menjauhi laranganNya

5. Rajin beribadah agar dibantu untuk selalu mengambil keputusan yang tepat.

Semoga setiap muslim diberi peluang dan diingatkan untuk selalu membaca ayat seribut dinar atau At Talaq 2-3 dalam kehidupan sehari-hari, sambil selalu ikhtiar memohon rezeki yang thayyib pada Allah SWT.



Simak Video "Doa Keluar Rumah dan Naik Kendaraan Agar dalam Lindungan Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia