10 Ciri-ciri Wirausahawan yang Harus Kamu Ketahui

Rika Pangesti - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 11:00 WIB
Business Team Investment Entrepreneur Trading discussing and analysis graph stock market trading,stock chart concept
Ilustrasi pengusaha/Ciri-ciri wirausahawan. Foto: Getty Images/iStockphoto/SARINYAPINNGAM
Jakarta -

Seorang wirausahawan memiliki cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka memiliki motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai-nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Melansir dari Modul Prakarya dan Kewirausahaan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menjadi wirausahawan yang berhasil harus tangguh dan memiliki inovasi. Wirausahawan memiliki ciri-ciri sebagai berikut

10 Ciri-ciri wirausahawan

1. Percaya diri

Kepercayaan diri akan mempengaruhi gagasan, karsa, inisiatif, kreatifitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, kegairahan berkarya.

2. Kepemimpinan

Seorang wirausahawan harus memiliki sikap kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan. Ia selalu menampilkan produk dan jasa-jasa terbaru sehingga ia menjadi pelopor baik dalam proses produksi maupun pemasaran.

3. Memiliki motif berprestasi tinggi

Seorang wirausahawan selalu berprinsip usaha optimal untuk hasil maksimal. Wirausahawan tidak asal-asalan saat bertindak atau memutuskan sesuatu, karena selalu berorientasi pada nilai prestasi.

4. Memiliki perspektif ke depan

Arah pandangan seorang wirausahawan juga harus berorientasi ke masa depan. Selain itu, perspektif seorang wirausahawan akan dapat membuktikan apakah ia berhasil atau tidak.

5. Memiliki kreativitas tinggi

Seorang wirausahawan umumnya memiliki daya kreasi dan inovasi yang lebih dari non wirausaha. Hal-hal yang belum terpikirkan oleh orang lain sudah terpikirkan olehnya dan wirausahawan mampu membuat hasil inovasinya menjadi permintaan.

6. Memiliki komitmen terhadap pekerjaan

Seorang wirausahawan harus menancapkan komitmen yang kuat dalam pekerjaannya, karena jika tidak akan berakibat fatal terhadap segala sesuatu yang telah dirintisnya.

7. Memiliki tanggung jawab

Ide dan perilaku seorang wirausahawan tidak terlepas dari tuntutan tanggung jawab. Indikator orang yang bertanggung jawab adalah berdisiplin, penuh komitmen, bersungguh-sungguh, jujur, berdedikasi tinggi, dan konsisten.

8. Memiliki kemandirian

Orang yang mandiri adalah orang tidak suka mengandalkan orang lain namun justru mengoptimalkan segala daya dan upaya yang dimilikinya sendiri. Intinya adalah kepandaian dalam memanfaatkan potensi diri tanpa harus diatur oleh orang lain.

9. Memiliki keberanian menghadapi risiko

Seorang wirausahawan harus berani menghadapi risiko. Semakin besar risiko yang dihadapinya, semakin besar pula kesempatan untuk meraih keuntungan. Risiko yang diperhitungkan dengan baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil.

10. Selalu mencari peluang

Seorang wirausahawan mampu melihat sesuatu dalam perspektif atau dimensi yang berlainan pada satu waktu. Semakin tinggi kemampuan seorang wirausahawan dalam mengerjakan berbagai tugas sekaligus, makin besar pula kemungkinan untuk mengolah peluang menjadi sumber daya produktif.

Nah, itulah 10 ciri-ciri wirausahawan yang harus kamu ketahui. Apakah kamu memiliki ciri-ciri tersebut? Semoga kamu dapat mengembangkan ciri wirausahawan yang ada dalam dirimu, ya detikers.



Simak Video "FOMO Yang Perlu Dihindari Pengusaha Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia