Cara Hewan Bertahan 'Puasa' saat Hibernasi Selama Musim Dingin

Kristina - detikEdu
Kamis, 13 Jan 2022 16:34 WIB
Two lovers bear
Foto: (Thinkstock)
Jakarta -

Beberapa hewan, seperti beruang, akan melakukan tidur panjang atau hibernasi selama musim dingin untuk melindungi diri dari kondisi buruk. Selama masa tersebut, mereka akan menghemat energi bahkan tidak makan.

Hibernasi adalah proses adaptasi selama cuaca buruk atau kekurangan makanan yang dilakukan hewan tertentu untuk tetap bertahan hidup. Proses ini akan menyebabkan perlambatan metabolisme yang signifikan, termasuk penurunan detak jantung dan laju pernapasan, bersamaan dengan penurunan suhu tubuh.

Hibernasi dapat berlangsung selama berbulan-bulan, biasanya kondisi ini akan dilakukan selama musim dingin yang panjang.

Dilansir dari Science ABC, hibernasi biasa diadopsi oleh hewan endotermik, yakni hewan yang mampu mengatur suhu tubuh mereka sendiri dengan menghasilkan panas internal. Mereka mampu mempertahankan suhu tubuh fisiologis mereka dalam kisaran yang stabil, terlepas dari perubahan lingkungan.

Endoterm menyesuaikan produksi dan isolasi panas metabolik mereka agar tetap hangat, sedangkan selama cuaca panas, mereka berkeringat untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Hewan endotermik disebut juga dengan hewan berdarah panas, termasuk mamalia dan burung.

Cara Hewan Bertahan Selama Hibernasi

Beberapa hewan, seperti beruang, memiliki jaringan lemak khusus yang disebut Brown Adipose Tissue (BAT). Jaringan ini berbeda dari jaringan adiposa putih, yang sebagian besar kita miliki. Jaringan tersebut akan membantu hewan yang berhibernasi mengakses jumlah energi minimal yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

BAT atau sel lemak coklat adalah jenis sel lemak khusus yang unik untuk mamalia yang menjadi aktif dalam cuaca dingin. Mereka tampak coklat karena tingginya jumlah mitokondria padat di dalamnya.

Dengan demikian, BAT membantu menjaga organisme tetap hangat hingga tingkat yang cukup. Sehingga, mereka tidak perlu mengonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan metabolisme mereka yang berkelanjutan saat hibernasi.

Nah itulah cara hewan bertahan tanpa makanan selama hibernasi. Mayoritas hewan akan menambah berat badan mereka sebelum masuk ke masa tidur panjang tersebut.



Simak Video "Curhat Pedagang Hewan di Jateng Gegara Dampak Wabah PMK"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia