Puisi Aku Karya Penyair Angkatan 45, Siapakah Dia?

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 22 Des 2021 15:30 WIB
Chairil Anwar
Sosok penyair angkatan 45 yang menuliskan puisi berjudul
Jakarta -

Puisi berjudul "Aku" merupakan karya Chairil Anwar yang paling dikenal masyarakat. "Aku" pertama kali dibacakan pada Juli 1943 di Pusat Kebudayaan Jakarta oleh Chairil sendiri.

HB Jassin, pelopor Dokumenter Sastra Indonesia dalam dokumenternya mengatakan bahwa puisi "Aku" diterbitkan dengan judul "Semangat" untuk menghindari penyensoran dan menyebarkan gerakan kebebasan.

Berikut puisi "Aku" dari buku kumpulan puisi Chairil "Aku Ini Binatang Jalang"

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang 'kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi!

Chairil Anwar merupakan seorang penyair terkemuka di Indonesia. Ia mulai dikenal setelah tulisannya terbit di "Majalah Nisan". Setelah itu, ia terus menulis dan diperkirakan sudah menuliskan 96 karya termasuk 70 puisi semasa hidupnya.

Tema tulisan Chairil erat dengan dari kematian, individualisme, eksistensialisme, hingga pemberontakan. Selain puisi berjudul "Aku", karya yang juga terkenal antara lain "Diponegoro", "Persetujuan dengan Bung Karno", dan "Siap Sedia".

Selain piawai dalam dunia kepenulisan, Chairil Anwar juga merupakan salah satu pelopor Angkatan 1945, yaitu pencipta tren baru pemakaian kata yang terkesan lugas, solid, dan kuat dalam berpuisi.

Ia bersama Asrul Sani dan Rivai Apin menjadi pelopor puisi modern di Indonesia. Chairil meninggal pada 28 April 1949 akibat TBC. Keabadian karyanya terbukti dalam penganugerahan penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award untuk kategori seniman sastra 2007, 58 tahun setelah ia meninggal.

Makam penyair yang menulis puisi berjudul "Aku" di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak Jakarta, masih ramai diziarahi oleh pengagumnya dari masa ke masa.



Simak Video "Puisi untuk Putin, Artis Annalynne McCord Jadi Sorotan Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia