5 Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak, Mulai Dari Mana?

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 15:30 WIB
Ilustrasi ibu dan anak membaca buku
Foto: Getty Images/iStockphoto/maruco
Jakarta -

Membaca buku memiliki peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Dengan membaca anak akan memiliki pengetahuan yang lebih luas.

Selain itu membaca juga berperan penting dalam membangun literasi yang kuat. Namun hambatan yang dihadapi dalam menyuruh anak membaca adalah tidak semua anak menyukai membaca. Membaca sendiri juga membutuhkan konsentrasi dan waktu.

Namun bagi para pendidik dan orang tua jangan khawatir, ada tips membaca dengan mudah untuk anak dan siswa. Tips berikut dikutip dari laman LPMP Jatim:

Tips Membaca dengan Mudah

1. Membaca Bersama

Membaca buku bersama memiliki banyak manfaat. Hal tersebut dapat merangsang perkembangan bahasa dan membaca itu sendiri. Selain itu dapat menanamkan kepercayaan diri pada pembaca, salah satunya adalah siswa.

Selain itu, membaca bersama dapat menciptakan sikap membaca yang positif dan memperluas kecakapan berbicara dan berbahasa.

2. Menetapkan Target

Tips agar anak menyukai membaca dapat dilakukan dengan menetapkan target seperti membaca sejumlah halaman dalam sehari, menyelesaikan beberapa buku per bulan. Dengan menetapkan target anak-anak akan memperoleh manfaat dari proses membaca tersebut.

Menetapkan tujuan juga dapat membuat membaca terasa lebih menyenangkan.

3. Mencari Tema-Tema Umum

Mintalah anak atau siswa untuk mencari tema-tema umum kemudian dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata sehari-hari saat membaca. Selanjutnya adalah ajak siswa untuk menyampaikan tema yang diperolehnya di kelas. Hal ini merupakan cara yang tepat untuk memperkuat pembelajaran mereka.

4. Mencatat Sambil Membaca

Mencatat sambil membaca atau merangkum dapat membantu siswa agar dapat memperhatikan dan melatih ingatan mereka. Kalian juga dapat meminta siswa untuk membuat ringkasan (rangkuman) di akhir bab atau menggaris bawahi keterangan yang dirasa penting.

5. Mengajukan Pertanyaan Tentang Apa yang Mereka Baca

Mengajukan pertanyaan dapat menstimulasi pemahaman bacaan, pertanyaan yang diajukan seperti "Menurut Anda apa yang akan terjadi?", "Apakah Anda senang membaca buku ini? Mengapa ?", atau "Apakah Anda akan melakukan hal yang sama seperti karakter utama?"

Itulah tips membaca buku untuk anak dan siswa. Jangan lupa diterapkan ya!



Simak Video "Anies Sebut Daya Tulis Masyarakat di WhatsApp Sangat Aktif"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia