Astronom Temukan Planet-Planet Mengerikan di Luar Angkasa, Ada yang Dihujani Batu

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 24 Okt 2021 11:30 WIB
Planet mengerikan di luar angkasa
Foto: NASA/JPL-Caltech
Jakarta - Benda langit di luar angkasa yang tidak terbatas membuat ilmuwan dan astronom terus melakukan penelitian. Terlebih adanya dukungan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat.

Di antara banyaknya penelitian, astronom pernah menemukan banyaknya exoplanet atau planet di luar Tata Surya kita. Tetapi bukan untuk ditempati, justru planet temuan itu dikatakan sebagai planet mengerikan di luar angkasa. Apa saja planet-planet yang dimaksud?


5 Planet Mengerikan yang Pernah Ditemukan Astronom:


1. Planet Wasp-76b

Planet ini dianggap mengerikan karena bisa menjadi planet paling panas sekaligus paling dingin. Karena berjarak sangat dekat dengan bintangnya, suhu di siang hari di planet ini bisa mencapai 4.000 derajat celcius, cukup panas untuk membuat metal menguap.

Tapi di sisi lainnya yang selalu gelap karena tidak menghadap ke arah bintang, suhunya 1.000 derajat lebih dingin sehingga metal-metal bisa mengembun dan menetes seperti hujan.


2. Planet TOI-1431b atau MASCARA-5b

Planet yang berjarak 490 tahun cahaya dari Bumi ini disebut mengerikan karena ini termasuk salah satu planet paling panas yang pernah ditemukan.

Pada siang hari suhu di Planet TOI-1431b bisa mencapai 2.700 derajat Celcius, dan pada malam hari bisa mencapai 2.300 derajat Celcius. Bahkan saking panasnya, logam bisa menguap di planet ini.


3. Planet GJ 1214b

Planet GJ 1214b memiliki struktur yang diselimuti oleh air. Namun bukannya menjadi lebih dingin, planet ini memiliki permukaan yang panas berkisar antara 120 hingga 280 derajat celcius. Hal itu dikarenakan planet ini hanya berjarak 2 juta km dari bintangnya.

4. Planet COROT-7b

Planet merupakan planet berbatu yang disebut mirip dengan planet Bumi karena strukturnya. Di planet ini, saking berbatunya, hujan yang turun di exoplanet ini berupa kerikil-kerikil kecil.

Hal ini disebabkan oleh atmosfernya yang terdiri dari bahan yang sama seperti batu, di antaranya besi, silikon monoksida natrium, dan kalium.


5. Planet HD 189733 b

Tidak beda jauh dengan yang lain, planet ini terbilang mengerikan karena suhunya di siang hari bisa mencapai 965 derajat Celcius.

Bahkan yang paling ekstrem, planet gas ini memiliki angin yang bisa berhembus dengan kecepatan 7.242 km/jam, atau enam kali dari kecepatan suara.


Nah, itulah planet-planet mengerikan yang pernah ditemukan astronom di luar angkasa. Kalau menurut detikers planet mana yang paling mengerikan?



Simak Video "Jejak Langkah dr. Boyke, Sang Edukator Seks Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia