10 Penyebab Pencemaran Udara, Apa Saja Itu?

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 02 Okt 2021 07:00 WIB
Polusi udara di New Delhi, India pada 2014 (ROBERTO SCHMIDT / AFP)
Foto: AFP/ROBERTO SCHMIDT/10 Penyebab Pencemaran Udara, Apa Saja Itu?

  • 7. Aktivitas Rumah Tangga

Aktivitas rumah tangga yang dapat menyebabkan pencemaran udara adalah pembakaran sampah sembarang dan pengecatan rumah. Kandungan yang dikeluarkan oleh beberapa polutan tersebut sangat menyengat dan bisa menjadi faktor pengganggu kesehatan.

  • 8. Kebakaran Hutan

Penyebab kebakaran hutan dapat terjadi dari musim kemarau yang berkepanjangan ataupun dari aktivitas manusia. Kebakaran hutan menjadi salah satu sumber pencemaran udara yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan juga menyebabkan berbagai macam penyakit saluran pernapasan.

  • 9. Timbunan Sampah

Sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau dan menyebabkan pencemaran udara. Hal tersebut dikarenakan pengolahan sampah yang kurang cepat dan tidak ditangani dengan tepat.

Polusi yang ditimbulkan juga tidaklah bisa dianggap remeh selain bau yang tidak sedap, dari tempat pembuangan akhir ini juga bisa menjadikan penumpukan gas metana yang membahayakan untuk kesehatan.

  • 10. Illegal Logging

Illegal Logging atau penebangan hutan liar salah satu penyebab utama pencemaran udara. Hutan merupakan penyeimbang alam yang harus dijaga kelestariannya.

Penebangan hutan akan berdampak pada kekeringan yang berkepanjangan, penetralan udara yang terganggu, sistem resapan yang menjadi berkurang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah 10 penyebab pencemaran udara baik dari manusia maupun alam. Rawat alam kita dengan baik ya, agar tidak terjadi pencemaran, detikers!


(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia