12 Kota Tertua di Indonesia, Ada Tempat Kuliah Kamu?

Olivia Sabat - detikEdu
Jumat, 24 Sep 2021 15:00 WIB
Riders KTM berkunjung ke Tugu dan Museum Pahlawan Surabaya, Jumat (19/10/2018)
Tugu Pahlawan salah satu kota tertua di Indonesia, Surabaya. Di kota ini ada kampus ITS dan Unair. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Meskipun Indonesia baru berusia 76 tahun, ternyata ada banyak kota di Indonesia yang berusia ratusan bahkan ribuan tahun, lho. Penasaran ada kota apa saja yang masuk jajaran kota tertua di Indonesia? Apakah kampus tempat kamu berkuliah ada di salah satu dari kota-kota ini?

Menurut buku Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe yang ditulis oleh Zaenuddin HM dan beberapa sumber lainnya, kota-kota ini berada di kawasan barat, tengah, dan timur Indonesia

12 kota tertua di Indonesia

1. Kota Palembang

Merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Selatan, Kota Palembang adalah kota tertua di Indonesia. Hal ini dikarenakan Palembang dianggap sebagai salah satu pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang sudah ada sejak abad ke-7.

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, Palembang dibentuk sebagai wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada 16 Juni 682 Masehi. Dengan begitu, saat ini Kota Palembang sudah berusia 1.339 tahun.

Di kota ini ada beberapa kampus negeri seperti Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

2. Kota Salatiga

Dikutip dari situs resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Salatiga, sejarah Kota Salatiga bersumber dari Prasasti Plumpungan yang berada di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

Berdasarkan prasasti tersebut, Kota Salatiga sudah ada sejak 24 Juli 750 sebagai wilayah perdikan. Pemberian perdikan merupakan hal yang istimewa pada masa itu dan tidak setiap daerah kekuasaan bisa dijadikan daerah Perdikan.

Dengan begitu, 24 Juli 750 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Salatiga yang dimuat dalam Peraturan Daerah Tingkat II Nomor 15 Tahun 1955 Tentang Hari Jadi Kota Salatiga. Sampai saat ini Kota Salatiga sudah berusia 1.271 tahun dan membuatnya masuk dalam kota tertua di Indonesia.

Di kota ini sejak 1959 berdiri kampus swasta yang bernama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

3. Kota Kediri

Berdirinya Kota Kediri ditetapkan pada 27 Juli 879 Masehi. Jika dihitung, saat ini Kota Kediri yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini sudah berumur 1.142 tahun.

Dimuat dalam situs resmi Pemerintah Kota Kediri, hari jadi Kota Kediri ini ditetapkan berdasarkan Prasasti Kwak yang ditemukan pada 1892. Di kota ini berdiri Institut Agama Islam Negeri Kediri.

4. Kota Magelang

Kota Magelang, Jawa Tengah merupakan kota tertua di Indonesia selanjutnya yang saat ini usianya sudah menginjak 1.114 tahun, lho. Berdasarkan Paraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, hari jadi Kota Magelang ditetapkan pada 11 April 907.

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, kota ini mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih yang saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang.

Penetapan ini diperkuat dengan ditemukannya lumping batu yang diyakini sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan. Di kota yang masuk jajaran kota tertua di Indonesia ini, ada kampus Universitas Tidar dan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Selanjutnya Banda Aceh >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia