Penjelasan Tata Cara Tayamum yang Perlu Dipahami Pelajar

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 25 Agu 2021 07:00 WIB
Pelajar Assalam Bandung Gelar Salat Gaib
Foto: Tri Ispranoto
Jakarta -

Materi bersuci kerap disinggung dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Selain wudhu, bersuci dalam Islam juga mengenal tayamum. Apa itu dan bagaimana tata caranya?

Dikutip dari buku Panduan Shalat Lengkap & Juz 'Amma yang ditulis oleh Ahmad Najibuddin, tayamum dalam ajaran Islam disebut sebagai cara bersuci dengan menggunakan tanah atau debu yang suci sebagai rukhsah (keringanan) ketika tidak ada air. Atau pun dalam kondisi khusus seseorang yang tidak dapat menggunakan air karena ada halangan (udzur).

Hal di atas secara gamblang dijelaskan dalam firman Allah QS. Al Maidah ayat 6 yang berbunyi:

وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "... Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al Maidah: 6).

Dalil di atas juga menyebutkan sebab seseorang dibolehkan untuk melakukan tayamum. Selain itu, syarat tayamum lainnya adalah sudah masuk waktu sholat, sudah diusahakan mencari air tetapi tidak dapat, menggunakan tanah atau debu yang suci, dan bertujuan untuk menghilangkan najis.

Menurut Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Bidayatul Hidayah menjelaskan cara bagaimana melakukan tayamum dengan benar. Berikut tata caranya.

Tata Cara Tayamum

1. Siapkan tanah berdebu atau debu yang bersih. Ulama memperbolehkan menggunakan debu yang berada di tembok, kaca, atau tempat lain yang dirasa bersih.

2. Disunnahkan menghadap kiblat, lalu letakkan kedua telapak tangan pada debu, dengan posisi jari-jari kedua telapak tangan dirapatkan.

Tata cara tayamum berikutnya adalah....

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia