Salah Diksi Ucapan Hari Kemerdekaan RI

Dessy Irawan - detikEdu
Senin, 16 Agu 2021 12:36 WIB
Dessy Irawan
Dessy Irawan
Dessy Irawan saat ini bekerja sebagai Manajer Produk, Digital, dan Humas Narabahasa. Narabahasa adalah perusahaan penyedia layanan edukasi, konsultasi, aplikasi, publikasi, dan kreasi kebahasaan.
cropped hand of person holding Indonesia Flag in the city scape
Salah Diksi Ucapan Hari Kemerdekaan RI (Foto: Getty Images/iStockphoto/rudi_suardi)
Jakarta - Jelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, tentunya banyak kita temui spanduk ucapan yang dipasang di sepanjang jalan raya. Pernah juga kita mendapatkan kiriman (postingan) ucapan baik di WhatsApp atau di media sosial. Semua itu merupakan hal yang wajar.

Namun, pernahkah detikers memperhatikan terhadap isi dari ucapan HUT RI yang tersebar luas, baik di jalan raya maupun di media sosial?


Apakah detikers merasa ada yang janggal dengan penulisan Dirgahayu Ke-76 RI? Apakah detikers merasa ada yang salah dengan penulisan HUT RI Ke-76? Jika kalian merasa kedua hal tersebut baik-baik saja, kalian perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Penulisan Dirgahayu Ke-76 RI alih-alih Dirgahayu RI atau HUT RI Ke-76 alih-alih HUT Ke-76 RI merupakan kesalahan diksi yang umum kita temukan. Kedua kesalahan tersebut tergolong salah kaprah. KBBI V mendefinisikan salah kaprah sebagai sebuah kesalahan yang umum sekali sehingga orang kerap tidak merasakan sebagai kesalahan. Nah, mari kita uraikan keduanya.

Dirgahayu RI

Pertama, kesalahan penulisan Dirgahayu RI Ke-76. Kata dirgahayu berarti 'umur panjang'. Kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta दिर्घायुस् dirghāyus. Penulisan Dirgahayu RI Ke-76 tidak tepat karena tersirat makna panjang umur hanya sampai ke-76. Apakah kita berkeinginan membatasi panjang umurnya republik kita? Sejatinya, sebuah doa panjang umur tidak perlu diberi batas angka. Oleh karena itu, Detikers perlu ingat, ya, bahwa penulisan yang tepat adalah Dirgahayu RI yang berarti 'Panjang Umur Republik Indonesia'.

HUT KE-76 RI

Kedua, kesalahan penulisan HUT RI Ke-76. Ke-76 adalah bilangan tingkat yang menerangkan kata sebelumnya. Penulisan HUT RI Ke-76 menandakan bahwa Ke-76 merujuk pada Republik Indonesia-kata sebelumnya. Padahal, bukan republik kita yang berjumlah tujuh puluh enam, melainkan umur republiknya. Netizen yang kritis tentu akan bertanya, "RI ke-75 yang mana? RI ke-74 yang mana?" Penulisan yang tepat adalah HUT Ke-76 RI. Catat, ya, detikers.



Demikian kesalahan diksi ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia yang acap muncul di ruang publik. detikers perlu peka, ya! Semoga tiada lagi kesalahan penulisan dalam ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia. Mari bersikap romantis terhadap negeri kita sendiri. Selamat Hari Kemerdekaan Ke-76 RI! Dirgahayu RI!



Simak Video "Menko PMK Ziarah ke Makam Bung Karno"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia