Mau Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini 4 Tips dari Alumnus Unair

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 20 Jul 2021 15:39 WIB
Indian female agent helping client sign the application document
Alumnus Unair memberikan tips melamar pekerjaan di perusahaan multinasional (Foto Ilustrasi : Dok. iStock)
Jakarta - Bekerja di perusahaan multinasional menjadi impian bagi sebagian mahasiswa. Ahmad Rido'i Yuda Prayogi, alumnus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang kini bekerja di salah satu perusahaan multinasional membagikan tips suksesnya dalam melamar di perusahaan tersebut.

Sebelumnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, perusahaan multinasional adalah perusahaan yang terdiri atas beberapa negara atau bangsa. Salah satunya adalah Wilmar Nabati Group, perusahaan multinasional yang bergerak di bidang agribisnis sekaligus tempat Yuda bekerja.

Menurut Yuda, persiapan untuk melamar di sebuah perusahaan multinasional harus dilakukan sejak masih menjadi mahasiswa. Bahkan diakui oleh Yuda bahwa IPK tinggi bukanlah poin utama bagi perusahaan dalam memilih karyawan. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Aktif dalam kegiatan sosial

Yuda membeberkan bahwa sebuah perusahaan lebih membutuhkan orang-orang yang peka dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Misalnya, orang-orang yang aktif dalam kegiatan sosial berupa pengabdian masyarakat atau menjadi relawan bencana menjadi nilai tambah tersendiri bagi pelamar tersebut.

"Karena perusahaan membutuhkan orang-orang yang peka dan memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkunganya untuk menunjang kinerja perusahaan, oleh karena itu, orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi akan lebih dicari ketika rekrutmen," beber Yuda, dikutip dari laman resmi Unair, Selasa (20/7/2021).

2. Maksimalkan berorganisasi

Nilai tambah lainnya bagi seorang pelamar yang ingin bekerja di perusahaan internasional, menurut Yuda, adalah riwayat organisasi yang maksimal. Bahkan menurut pengalamannya saat tahap wawancara, Yuna mendapati bahwa skor riwayat organisasi memiliki bobot yang besar.

"Karena perusahaan mencari orang yang memiliki kemampuan manajemen dan kerja sama tim yang tinggi," ujar alumni dari Fakultas Kesehatan Mahasiswa Unair tersebut.

3. Tingkatkan prestasi

Meskipun IPK bukanlah tolak ukur utama dalam memilih karyawan, Yuda menyebut seorang pelamar juga perlu memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Sebab, tutur Yuda, sebuah perusahaan akan selalu membutuhkan orang yang kreatif serta memiliki kemampuan intelektual yang baik.

4. Hindari hidup tidak sehat

Salah satu proses seleksi masuk di perusahaan multinasional adalah medical check up. Yuda menyaksikan beberapa pesaingnya banyak yang gugur dalam tahap terakhir proses seleksi tersebut.

"Banyak pesaing yang gugur pada medical check up yang merupakan seleksi terakhir saat proses rekrutmen," ungkap Yuda.

Oleh sebab itu, Yuda berpesan pada calon-calon pelamar untuk memilih pergaulan yang baik semasa kuliah. Utamanya, ia meminta untuk menghindari kebiasaan merokok apalagi mabuk-mabukan dan narkoba.

"Setelah semua hal diatas kalian punya, kemaslah dalam CV yang menarik dan jangan lupa berdoa," tutup dia.

Bagaimana, detikers? Sudah siap untuk melamar kerja di perusahaan multinasional seperti Yuda?

Simak Video "Omicron Meningkat, Menko PMK: PTM Tetap Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia