Perbandingan Google Meet dan Zoom Buat Sekolah dan Kuliah, Ini Fiturnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 13 Jul 2021 11:12 WIB
Google Meet
Google Meet dan Zoom Meeting, apa saja perbedaan fiturnya untuk sekolah online? (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Google Meet dan Zoom Meeting adalah dua platform pertemuan online yang ramai digunakan selama pandemi COVID-19, baik untuk belajar selama sekolah, kuliah, maupun berkumpul virtual dengan teman.

Meskipun Google Meet sama dengan Zoom dalam hal penyedia layanan pertemuan online, Google Meet punya sejumlah perbedaan dengan Zoom.

Google menambahkan berbagai fitur baru pada layanan pertemuan virtual Google Meet. Fitur terbaru Google Meet yaitu fitur efek dan filter animasi berbasis augmented reality, seperti yang diumumkan di akun Twitter Google, Kamis (8/7).

Kamu yang ingin mencoba fitur ini bisa masuk ke platform Google Meet dan memilih tombol sparkle di sudut kanan bawah. Ada juga filter animasi seperti kucing, ubur-ubur, hingga astronot untuk pertemuan online bersifat kasual.

Lantas, apa kelebihan Google Meet dibanding Zoom? Apa pula kelemahan Google Meet dibanding Zoom? Berikut perbandingan Google Meet dan Zoom Meeting.

Perbandingan Google Meet dan Zoom Meeting

1. Kapasitas Google Meet dan Zoom

Kelebihan Google Meet dibandingkan dengan Zoom salah satunya yaitu pemilik akun Google bisa membuat jadwal video pertemuan gratis berdurasi 60 menit dengan undangan hingga 100 partisipan.

Sementara itu, pemilik akun free basic plan Zoom bisa membuat jadwal video pertemuan gratis dengan undangan hingga 100 berdurasi 40 menit saja. Batas waktu 40 menit Zoom diberlakukan untuk pertemuan dengan 3 atau lebih partisipan.

2. Fitur perekam video

Kelebihan Zoom dibandingkan dengan Google Meet salah satunya yaitu adanya fitur record yang memungkinkan pembuat jadwal pertemuan atau host pertemuan merekam pertemuan virtual yang sedang berlangsung dengan penggunaan gratis.

Pembuat jadwal bisa membagikan link download rekaman tersebut setelah pertemuan selesai. Pembuat jadwal, baik guru, siswa, atau mahasiswa bisa juga mengunggah rekaman tersebut ke Canvas Studio dan membagikannya pada partisipan di pertemuan.

3. Perbandingan pemakaian kuota Zoom dan Google Meet

Google Meet dan Zoom Meeting sama-sama menyajikan layanan pertemuan virtual, namun kualitas video yang berbeda. Perbandingan pemakaian kuota Zoom dan Google Meet menunjukkan, data usage atau pemakaian kuota internet pada Zoom lebih tinggi daripada Google Meet. Sebab, kualitas video Zoom default lebih tinggi dibandingkan dengan kualitas video Google Meet.

Zoom menyediakan kualitas video HD dengan rasio 16:9 untuk akun profesional, perusahaan, dan edukasi, dan video 720p untuk akun lainnya. Sementara itu, Google Meet memberlakukan pengaturan standar kualitas video 320p. Pengaturan ini dapat diubah hingga kualitas HD pada perangkat komputer dengan CPU quad-core atau lebih tinggi. Tetapi, kualitas video Google Meet di perangkat smartphone tidak dapat diubah.

Apakah Google Meet terbatas waktu?

Google Meet memperpanjang layanan gratis panggilan 24 jam sejak Maret 2021. Layanan Google Meet dengan akun gratis bisa digunakan untuk pertemuan virtual tanpa batasan selama 24 jam dengan maksimal peserta rapat 100 orang. Keputusan Google ini mengacu pada lonjakan layanan konferensi video selama pandemi dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sementara itu, Zoom memberikan layanan gratis panggilan tanpa batas 24 jam untuk dua orang.

Perlu diingat, layanan, fitur, dan pengaturan Google Meet dan Zoom Meeting di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Nah, itu dia perbandingan Google Meet dan Zoom Meeting. Yang mana platform pilihan kamu?





Simak Video "Kini Gmail Bisa Digunakan untuk Telepon dan Video Call"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia