Jumlah Huruf Hijaiyah Ada Berapa? Begini Penjelasannya

Rahma I Harbani - detikEdu
Kamis, 10 Jun 2021 14:25 WIB
Yayasan Wisata Hati membuka kelas  belajar membaca Al Quran untuk tukang becak di Solo. Kelas belajar membaca Al Quran itu tidak dipungut biaya alias gratis.
Foto: Agung Mardika/Detikcom
Jakarta - Bagi umat muslim, membaca Al Quran dengan baik dan benar disertai dengan pemahamannya merupakan amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan. Dalam membaca Al Quran tidak lepas kaitannya dengan huruf hijaiyah.

Akar kata huruf hijaiyah berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata harf (huruf) dan kata hijaiyah berasal dari kata kerja hajja yang bermakna mengeja, menghitung huruf, dan membaca huruf demi huruf.

Pengertian Huruf Hijaiyah

Menurut buku Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur'an karya Mursal Aziz dan Zulkipli Nasution, huruf hijaiyah didefinisikan sebagai huruf Al Quran yang lazim dimulai dari huruf alif ( ا ) sampai huruf ya ( ي ). Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata hijaiyah artinya sistem aksara Arab; abjad Arab.

Huruf hijaiyah juga disebut-sebut sebagai asal kata dari alfabet yaitu alif ( ا ), ba' ( ب ), ta' ( ت ), seperti yang dinyatakan dalam buku Saku Santri ala Montessori yang ditulis oleh Dwi Rahayu.

Selain itu, disebut juga sebagai akar kata dari kata abjad yaitu berasal dari kata bahasa Arab a-ba-ja-dun; alif ( ا ), ba' ( ب ), ta' ( ت ), jim ( ج ), dan dal ( د ).

Namun ada pula yang menolak pendapat di atas dengan alasan bahwa huruf hijaiyah mempunyai aturan-aturan yang berbeda dengan terminologi abjad. Sebab, huruf hijaiyah dimulai dari alif ( ا ) dan berakhir pada huruf ya ( ي ) secara terpisah-pisah.

Sementara itu, terminologi abjad urutannya disusun dalam bentuk kalimat dan terminologi abjad lebih bersifat terbatas pada bahasa samiyah yang lokal (lughal samiyah al-umm).

Sebagai informasi, orang yang pertama kali menyusun huruf hijaiyah secara berurutan mulai dari huruf alif ( ا ) sampai ya ( ي ) adalah Nashr bin 'Ashim al-Laitsi.

Meskipun huruf hijaiyah merupakan huruf alfabet yang berasal dari Arab, bukan berarti Al Quran ditunjukan kepada orang-orang Arab saja. Namun bacaan Al Quran ditujukan bagi umat Islam yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, perlu dipelajari hukum-hukum membaca Al Quran yang benar.

Jumlah Huruf Hijaiyah

Adapun jumlah huruf hijaiyah diketahui sebanyak 28 huruf tunggal atau 30 huruf jika dimasukkan huruf rangkap lam alif dan hamzah sebagai huruf yang berdiri sendiri.


Berikut huruf hijaiyah serta cara membacanya menggunakan harakat fathah ( ﹷ ):

1. ا dibaca a

2. ب dibaca ba

3. ت dibaca ta

4. ث dibaca tsa

5. ج dibaca ja

6. ح dibaca ha

7. خ dibaca kho

8. د dibaca da

9. ذ dibaca dza

10. ر dibaca ro

11. ز dibaca za

12. س dibaca sa

13. ش dibaca sya

14. ص dibaca sho

15. ض dibaca dho

16. ط dibaca tho

17. ظ dibaca zho

18. ع dibaca'a

19. غ dibaca gho

20. ف dibaca fa

21. ق dibaca qo

22. ك dibaca ka

23. ل dibaca la

24. م dibaca ma

25. ن dibaca na

26. هـ dibaca ha

27. و dibaca wa

28. ي dibaca ya

29. ء (hamzah) dibaca a

30. لا (lam alif) dibaca la

Itulah jumlah huruf hijaiyah dan bagaimana cara membacanya. Semoga dengan mempelajari dengan kelak akan menghasilkan bacaan yang sempurna ya detikers!



Simak Video "Menyusun Huruf Hijaiyah dari Biji Kurma, Surabaya "
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia