Arti Sholat Secara Bahasa, Simak di Sini Penjelasannya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 09 Jun 2021 13:56 WIB
Suasana Sholat Tarawih di Masjidil Haram 2021
Foto: (AFP)/Arti Sholat Secara Bahasa, Simak di Sini Penjelasannya
Jakarta - Sholat memang adalah perintah Allah SWT yang wajib dilakukan umat muslim. Lalu, apa arti sholat secara bahasa?

Dalam buku yang bertajuk Misteri Kedua Belah Tangan dalam Salat, Zikir, dan Doa yang ditulis DR KH Badruddin Hasyim Subky, M HI, akar kata sholat adalah shalla sholattun yang berarti wa aqimushshalata da'aa'. Kata shalla memiliki arti doa dan kata shalat artinya mendirikan sholat.

Kata shalla jika dibaca menjadi 'shalallahu 'alaih' yang mengandung makna semoga Allah SWT memberikan rahmat atau keberkahan kepada hambaNya. Sholat berasal dari bahasa Arab yang berarti doa, dan doa adalah sebuah permohonan.

Pengertian sholat secara bahasa juga termaktub dalam firman Allah QS At Taubah ayat 103,

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Arab latin: Khuż min amwālihim ṣadaqatan tuṭahhiruhum wa tuzakkīhim bihā wa ṣalli 'alaihim, inna ṣalātaka sakanul lahum, wallāhu samī'un 'alīm

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Firman Allah lainnya yang menyebut sholat sebagai doa tercantum pada surat Al Ahzab ayat 56

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Arab latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Makna sholat secara istilah fiqhiyah adalah dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan bacaan salam. Para ulama juga mendefinisikan sholat menurut istilah dalam ilmu syariah.

"Serangkaian ucapan dan gerakan yang tertentu yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, dikerjakan dengan niat dan syarat-syarat tertentu," tulis Ahmad Sarwat, Lc, MA dalam buku berjudul Shalat li-Hurmatil-Waqti.

Definisi secara syar'i juga tertulis dalam surat An Nisa ayat 103 yang berbunyi:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Arab latin: Fa iżā qaḍaitumuṣ-ṣalāta fażkurullāha qiyāmaw wa qu'ụdaw wa 'alā junụbikum, fa iżaṭma`nantum fa aqīmuṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta kānat 'alal-mu`minīna kitābam mauqụtā

Artinya: "Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."

Kesimpulan yang diambil dari tulisan Myr Raswad dalam bukunya yang berjudul 27 Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid, sholat adalah perbuatan seluruh potensi diri seseorang, yakni perasaan, akal, dan indra, meliputi ucapan tertentu, gerak laku tertentu, menuju suatu sasaran tertentu pula.

Makna sholat tidak bisa dipisahkan dari ketiga kata sholat, zikir, dan doa. Sebab, sholat, zikir, dan doa merupakan tiga kata serangkai yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan hamba Allah sehari-hari.

Oleh karena itu, korelasi antara sholat dengan doa adalah dua lafal mutaraadif. Maksudnya adalah kata-kata yang berbeda, tetapi memiliki makna yang sama.

"Kata 'sholat' secara bahasa dapat diartikan 'doa' dan kata 'doa' juga dapat diartikan 'sholat'," tulis Badruddin Hasyim Subky dalam bukunya.

Sementara itu, korelasi antara kata sholat, zikir, dan doa terdapat pada hakikat doa dan sholat yang berarti berzikir (beribadah) kepada Allah SWT. Itulah penjelasan arti sholat secara bahasa, semoga bermanfaat ya detikers!

Simak Video "Cara Mencintai Allah dengan Sholat"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia