Apa itu Gotong Royong? Ini Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 08 Jun 2021 08:30 WIB
Warga memungut sampah saat aksi gotong royong membersihkan Pantai Dupa Indah di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/6/2021). Aksi gotong royong membersihkan pantai oleh masyarakat tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Jakarta - Gotong royong sudah dikenal dan menjadi tradisi bagi bangsa Indonesia sejak zaman dahulu. Dalam sistem kerja masal kegiatan-kegiatan pembangunan, masyarakat selalu menggunakan gotong royong, baik untuk pembangunan sarana umum maupun pribadi.


Sistem kerja sama tersebut kemudian mendarah daging dan menjadi karakter sosial bangsa Indonesia. Hingga saat ini, nilai-nilai yang terkandung dalam gotong royong pun masih terus ditanamkan terutama di masyarakat pedesaan.


Bahkan penggunaan kata gotong royong juga digunakan dalam kehidupan masyarakat dan bernegara seperti di tingkat RT/RW, kabinet pemerintahan, visi misi organisasi, hingga digunakan dalam proses vaksinasi Covid-19.


Lantas apa pengertian, tujuan, dan manfaat gotong royong? berikut ini penjelasannya:


Pengertian Gotong Royong

Kata gotong royong memiliki unsur kata 'gotong' yang berarti membawa (sesuatu) secara bersama-sama. Dalam istilah jawa, kata 'gotong' juga diartikan sebagai mengangkat atau memikul sesuatu secara bersama.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bantu-membantu).


Sementara dilansir dari situs resmi Kemdikbud, gotong royong merupakan bentuk kerja sama kelompok masyarakat untuk mencapai hasil positif tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi salah satu individu atau kelompok saja, melainkan untuk kebahagian bersama. Budaya ini memiliki nilai moral yang baik dalam kehidupan masyarakat.


Berdasarkan buku "Gotong Royong" karya Sri Widayati S.Pd. kata gotong royong juga memiliki ciri kerakyatan, sama dengan penggunaan kata-kata demokrasi, persatuan, keterbukaan, kebersamaan, atau kata kerakyatan itu sendiri.


Kata gotong royong telah menyatukan masyarakat dari berbagai kelas dan kelompok sosial menjadi satu kesatuan yang harmonis.


Tujuan Gotong Royong

Dalam penerapannya, gotong royong memiliki tujuan sebagai berikut:


1. Untuk meningkatkan kekompakan sosial

2. Menciptakan iklim sosial yang bisa memecahkan masalah bersama

3. Menjalin ikatan persaudaraan

4. Menumbuhkan sikap saling tolong menolong

5. Mempererat rasa persatuan

6. Mempercepat pekerjaan


Manfaat Gotong Royong

Sementara untuk manfaatnya adalah sebagai berikut:


1. Terciptanya lingkungan yang harmonis

2. Pekerjaan selesai dengan lebih cepat

3. Persatuan terjaga

4. Tercipta lingkungan yang saling tolong menolong

5. Meningkatkan keamanan lingkungan

6. Lingkungan menjadi tenteram dan damai

7. Pekerjaan individu atau sosial menjadi hemat


Itulah pengertian, tujuan, dan manfaat gotong royong yang sudah menjadi tradisi dalam kehidupan sosial di Indonesia.



Simak Video "Awal Mula Tercetusnya Vaksin Gotong Royong"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia