Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh, Ini Arab, Latin dan Artinya

Lusiana Mustinda - detikEdu
Kamis, 15 Apr 2021 20:11 WIB
Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS) di Masjid At-Tin (Parastiti Kharisma Putri/detikcom)
Foto: Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS) di Masjid At-Tin (Parastiti Kharisma Putri/detikcom)
Jakarta - Sholat sunnah sebelum Subuh disebut juga dengan sholat sunnah rawatib. Sholat sunnah rawatib adalah sholat yang mengiringi sholat fardhu, baik dilakukan sebelum sholat fardhu disebut sholat sunnah qabliyah dan jika dilakukan sesudah sholat fardhu disebut sholat sunnah ba'diyah.

Ada dua ketetapan hukum dalam mengerjakan sholat sunnah rawatib. Yang pertama adalah sunnah muakkad yaitu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dan yang kedua sunnah ghairu muakkad yakni ibadah sunnah yang tidak begitu dianjurkan untuk melakukannya.

Dikutip dalam "Panduan Sholat Wajib dan Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW" oleh Ustadz Arif Rahman, cara mengerjakan sholat sunnah rawatib sama dengan mengerjakan sholat fardhu lainnya, baik gerakannya maupun bacaannya. Hanya saja niatnya yang berbeda.

Sholat sunnah rawatib sebelum subuh dilakukan sebanyak dua rakaat. Berikut bacaan niatnya:

Niat sholat sunnah rawatib:


Ushalli sunnatash-shubhi rak'ataini qabliyyatal lillahi ta'ala."

Artinya:"Aku niat sholat sunnah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah ta'ala."

Anjuran mengerjakan sholat sunnah qabliyah adalah hadits Rasulullah SAW berikut ini:

"Antara dua adzan (adzan dan ikamah) terdapat satu sholat (sunnah). Antara dua adzan (azan dan ikamah) terdapat satu sholat (sunnah). Antara dua (azan dan ikamah) tedapat satu sholat (sunnah)." Beliau mengulanginya sebanyak tiga kali. "Bagi yang mau mengerjakannya," lanjut beliau. (HR. Bukhari dan Muslim).

Kesitimewaan sholat sunnah sebelum subuh

Dua rakaat sebelum sholat subuh ini jauh lebih baik daripada dunia beserta isinya. Rasulullah SAW pun tidak pernah meninggalkannya. Beliau bahkan menyempatkan sholat sunnah ini di saat bepergian dan dalam keadaan sakit.

Diriwayatkan dari Aisyah ra yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Dua rakaat fajar (sholat sunnah sebelum subuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim).



Simak Video "Cara Mencintai Allah dengan Sholat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia