Jadwal Puasa Ramadhan 2021 Bisa Cek dan Download di Link Ini

Lusiana Mustinda - detikEdu
Selasa, 30 Mar 2021 16:16 WIB
Bisnis Sampingan Saat Puasa
Foto: Bisnis Sampingan Saat Puasa (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta - Puasa Ramadhan kemungkinan akan dilaksanakan pada 13 April 2021. Akan tetapi kepastian mengenai puasa Ramadhan ini akan dipastikan kembali setelah Pemerintah melakukan sidang isbat sebagai penentuan awal Ramadhan 2021.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, dibulan itu setan-setan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An-Nasai).

Kamu dapat melihat jadwal imsakiyah puasa Ramadhan 2021. Ini link download untuk mengetahui jadwal puasa dan imsak di bulan Ramadhan 2021:

1. Melalui situs resmi Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nadhlatul Ulama.

http://falakiyah.nu.or.id/ dalam link ini berisi jadwal imsakiyah Ramadhan 1442 H hingga jadwal berbuka puasa.

2. Melalui laman Bimas Islam Direkorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Di sini kamu dapat mengubah lokasi dan zona waktu sesuai dengan lokasi kamu saat ini untuk mengetahui jadwal berbuka serta imsakiyah.





Simak Video "Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa Ala Rasul"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia