Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Lusiana Mustinda - detikEdu
Senin, 22 Mar 2021 13:40 WIB
ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev
Jakarta -

Membacakan doa untuk orang sakit adalah amalan terpuji yang perlu kita lakukan. Seorang muslim juga dianjurkan untuk menjenguk orang yang sakit seperti yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam buku 'Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq' oleh Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi disebutkan bagi orang yang menjenguk untuk mendoakan orang yang sakit. Selain itu juga menasihatinya untuk terus bersabar serta menentramkan hatinya.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW, "Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, maka (malaikat) dari langit memanggil, 'berbahagialah kamu dan sungguh baik langkahmu dan engkau menempati sebuah rumah di surga." (HR. Ibnu Majah).

Melansir buku 'Penyembuhan dengan Doa dan Zikir Rasulullah SAW' oleh Muhammad Abdul Goffar yang menyebut salah satu petunjuk Rasulullah SAW ialah penyembuhan terhadap diri sendiri dengan bantuan doa dan dzikir.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ


Artinya : Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Seperti yang diriwayatkan Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ


Artinya : Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta'ala." (HR. Muslim)

Ini doa untuk orang sakit agar cepat sembuh:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa'an lā yughaadiru saqaman.

Artinya: "Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit."

Doa untuk orang sakit dapat dibaca 3 kali sambil menyapukan ke badan orang yang sakit dengan tangan kanan.





Simak Video "Momen Keluarga Gelar Doa Bersama untuk Tjahjo Kumolo"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia