Pendaftaran Beasiswa IISMA Dibuka Besok, Kamu Bisa Kuliah di Luar Negeri

Trisna Wulandari - detikEdu
Minggu, 09 Mei 2021 19:00 WIB
beasiswa
Beasiswa IISMA dibuka 10 Mei 2021 sebagai bagian dari program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta - Pendaftaran beasiswa IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards dibuka mulai 10 Mei-22 Mei 2021. Beasiswa pemerintah untuk mahasiswa program sarjana (S1) ini mendanai mahasiswa Indonesia untuk belajar hingga satu semester di universitas luar negeri.

Program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia (Indonesian International Student Mobility Awards) adalah bagian implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program IISMA ditujukan untuk mahasiswa program sarjana semester 4 sampai 7 di perguruan tinggi di lingkungan Ditjen Dikti Kemendikbud yang memenuhi syarat untuk belajar selama satu semester di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam menuturkan, melalui program ini mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa internasional, pengajar dan masyarakat setempat di perguruan tinggi luar negeri selain mengikuti berbagai kegiatan budaya di perguruan tinggi masing-masing.

"Saya berharap program ini dapat memperkuat perguruan tinggi di Indonesia dalam mengembangkan kerja sama akademik dengan perguruan tinggi terkemuka di dunia," kata Nizam seperti dikutip dari laman resmi Ditjen Dikti, diakses Minggu (9/5/2021).

Ketua Subpokja IISMA Junaidi menuturkan, mahasiswa penerima beasiswa IISMA memiliki kesempatan untuk mengambil mata kuliah yang mereka minati di luar program studi mereka di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri sebanyak maksimal 20 SKS.

"Kredit dan mata kuliah ini selanjutnya akan diakui di perguruan tinggi asal sebagai bagian dari kurikulum mahasiswa tersebut," jelas Junaidi.

Beasiswa mobilitas internasional ini membiayai uang kuliah di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester, tiket pesawat kelas ekonomi pulang pergi, akomodasi, biaya hidup bulanan, uang buku, asuransi kesehatan, dan biaya tes PCR.

Ketua Pokja Kampus Merdeka M. Setiawan menambahkan, program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, bertukar gagasan dan budaya, serta membangun jejaring dengan teman kuliah, akademisi, dan masyarakat internasional di perguruan tinggi di luar negeri.

Sebanyak 1.000 penerima beasiswa direncanakan mulai belajar di perguruan tinggi di luar negeri yang telah bekerja sama dengan Ditjen Dikti pada September-Desember 2021.

Beasiswa mobilitas internasional ini mencakup biaya uang kuliah di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester, tiket pesawat kelas ekonomi pulang pergi, akomodasi, biaya hidup bulanan, uang buku, asuransi kesehatan, dan biaya tes PCR, seperti dikutip dari laman resmi Ditjen Dikti.

Persyaratan beasiswa IISMA

  • Kecakapan bahasa Inggris (TOEFL IBT 78/TOEFL ITP 550/IELTS 6.0/Duolingo Test 100)
  • Rekomendasi universitas asal
  • Mahasiswa Indonesia program sarjana (S1) semester 4-7
  • IPK minimal 3.0
  • Sedang menempuh kuliah di universitas Indonesia di bawah Direktrorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Jadwal pelaksanaan beasiswa IISMA

  • Pendaftaran online dan pengurusan rekomendasi universitas asal: 10-22 Mei 2021
  • Seleksi administratif dan wawancara: 23-25 Mei 2021
  • Pengumuman hasil seleksi: 28 Mei 2021
  • Pendaftaran di universitas tujuan : Mei-Juni 2021
  • Persiapan pra-keberangkatan: Juni-Juli 2021
  • Keberangkatan: Agustus-September 2021*
  • Mulai studi: Agustus-Desember*
  • Menyesuaikan kalender akademik universitas tujuan

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa IISMA bisa dilihat di http://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/IISMA atau akun resmi Instagram dan Youtube @merdekabelajar_kampusmerdeka. Yuk, siap-siap daftar!



Simak Video "Dirut TransJ Didemo Mahasiswa untuk Mundur dari Jabatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia