Kunjungan Wisatawan ke Pura Lempuyang Meningkat Hampir 400 Persen

Kunjungan Wisatawan ke Pura Lempuyang Meningkat Hampir 400 Persen

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Senin, 12 Sep 2022 18:23 WIB
Para wisatawan saat mengunjungi ke Pura Lempuyang.
Para wisatawan saat mengunjungi ke Pura Lempuyang. Foto: Istimewa
Denpasar -

Kunjungan wisatawan ke Pura Lempuyang yang terletak di Desa Adat Purwayu, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali terus meningkat. Kunjungan pelancong domestik dan mancanegara itu kini mencapai rerata 800 orang per hari. Padahal, sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan hanya 200-300 orang per hari.

Bendesa Adat Purwayu, I Nyoman Jati, peningkatan jumlah wisatawan itu mulai terjadi sejak beberapa pekan terakhir. "Lonjakan pengunjung ke Pura Lempuyang cukup signifikan," tuturnya Senin (12/9/2022).

Nyoman Jati menerangkan tarif masuk Pura Lempuyang belum mengalami peningkatan meski pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Para pelancong domestik cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 30 ribu per orang. Adapun, wisatawan mancanegara dikenai tarif Rp 55 ribu per orang.


"Sampai saat ini masih belum ada rencana untuk menaikkan tarif," tutur Nyoman Jati. "Jika nanti (tarif) naik tentu akan kami umumkan kepada para wisatawan maupun pelaku pariwisata."

Para pengunjung bisa menggunakan shuttle bus dari Terminal Kemuda ke Pura Lempuyang. Wisatawan yang menggunakan bus tersebut dikenai ongkos sebesar Rp 45 ribu untuk perjalanan pergi-pulang.

Pura Lempuyang memiliki gerbang yang berhadapan langsung dengan Gunung Agung. Wisatawan dapat berfoto di gerbang pura dengan latar Gunung Agung.



Simak Video "Taiwan Buka Pintu untuk Wisatawan, Tak Lagi Wajib Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(gsp/gsp)