Pesona Pantai Jemeluk Karangasem, Jadi Spot Diving-Snorkeling Favorit

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Minggu, 14 Agu 2022 22:00 WIB
Suasana di pantai Jemeluk, beberapa wisatawan terlihat melakukan diving dan snorkeling
Foto: Suasana di pantai Jemeluk, beberapa wisatawan terlihat melakukan diving dan snorkeling. (I Wayan Selamat Juniasa/detikBali)
Karangasem -

Pantai Jemeluk yang terletak di Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem merupakan salah wisata pantai dengan menonjolkan keindahan bawah laut yaitu terumbu karang. Sehingga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk melakukan diving dan snorkeling.

Perbekel Purwakerti, I Nengah Suanda (49) mengatakan bahwa pantai Jemeluk merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan para wisatawan untuk melakukan diving maupun snorkeling selain pantai Tulamben. Karena di pantai Jemeluk para wisatawan dapat melihat keindahan bawah laut berupa terumbu karang yang sangat indah.

"Pemandangan bawah laut di pantai Jemeluk sangat indah selain terdapat banyak terumbu karang yang indah di sana juga terdapat banyak jenis ikan warna-warni yang tidak kalah indah yang dapat memanjakan mata para wisatawan yang melakukan diving dan snorkeling," kata Suanda, Minggu (14/8/2022).


Lanjut Suanda, di pantai Jemeluk airnya sangat jernih dan ombaknya juga tenang. Sehingga para wisatawan lebih nyaman saat melakukan aktivitas di sana.

Dengan keindahan yang dimiliki oleh pantai Jemeluk setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, terutama wisatawan mancanegara. Para wisatawan juga sering memanfaatkan jukung para nelayan untuk berangkat agak ke tengah laut untuk melakukan diving hal itu dilakukan untuk mendapatkan spot diving yang indah. Karena di sana ada beberapa spot diving yang semuanya memiliki keindahan tersendiri.

"Saat pandemi COVID-19, pantai Jemeluk sempat tutup untuk aktivitas diving maupun snorkeling tapi sejak beberapa bulan yang lalu sudah dibuka kembali dan wisatawan yang datang sudah mulai ramai kembali," kata Suanda.

Untuk masuk ke pantai Jemeluk para wisatawan juga tidak dipungut biaya apapun. Untuk para wisatawan yang akan melakukan diving maupun snorkeling bisa menyewa perlengkapannya di sekitar pantai bagi yang tidak membawa perlengkapan diving.

Sementara itu, salah satu penduduk lokal I Ketut Ngetis (60) juga mengatakan bahwa saat ini wisatawan yang datang sudah mulai ramai setelah sempat ditutup akibat pandemi COVID-19. Wisatawan yang datang kebanyakan ingin melakukan diving dan snorkeling karena memang di sini terumbu karangnya indah.

"Saya harap para wisatawan terus ramai setiap harinya karena itu juga dapat meningkatkan perekonomian kami masyarakat lokal terutama yang menyewakan perlengkapan diving dan snorkeling dan juga yang menyewakan perahu untuk membawa wisatawan ke tengah laut untuk melakukan diving," kata Ngetis.



Simak Video "Menikmati Jernihnya Air Pantai dengan Snorkeling, Indramayu"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)