5 Gunung Tertinggi di Bali dengan Panorama Terbaik

Tim detikBali - detikBali
Minggu, 17 Jul 2022 18:51 WIB
Gunung Agung via Jalur Pura Besakih
Gunung Agung via Jalur Pura Besakih. Foto: I Gede Leo Agustina/d'Traveler
Bali -

Provinsi Bali memiliki 5 gunung tertinggi yang memiliki panorama terbaik dan menakjubkan. Untuk traveller yang suka mendaki gunung, 5 gunung tertinggi di Bali berikut ini bisa kamu jelajahi.

Berikut rangkuman 5 gunung tertinggi di Bali dengan panorama terbaik.

1. Gunung Agung


Gunung Agung via Jalur Pura BesakihGunung Agung via Jalur Pura Besakih Foto: I Gede Leo Agustina/d'Traveler

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali. Gunung Agung memiliki ketinggian 3.142 mdpl.

Di lereng Gunung Agus terdapat Pura Besakih yang menjadi pura terpenting di Bali. Gunung Agung terakhir meletus pada 13 Juni 2019.

Jalur pendakian menuju puncak gunung ini dapat dimulai dari tiga jalur pendakian yaitu dari selatan melalui kecamatan Selat kabupaten Karangasem dengan basecamp di Pura Pasar Agung lewat pasar Selat.

Dari tenggara melalui Budakeling lewat Nangka. Dan dari barat daya melalui jalur pendakian yang umum digunakan, dari Pura Besakih kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem.

2. Gunung Batur

gununggunung Foto: (Ni Kadek Yuni S/d'Traveler)

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif tertinggi di Kabupaten Bangli. Gunung Batur terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Gung Batur memiliki ketinggian 1.717 mdpl.

Gunung Batur meletus terakhir pada tahun 2000. Gunung Batur terdiri dari tiga kerucut gunung api dengan masing-masing kawahnya, Batur I, Batur II dan Batur III.

Kawasan Gunung Batur ini menjadi wisata andalan di Bangli. Terdapat 4 jalur pendakian Gunung Batur yakni melalui Pasar Agung, Toya Bungkah, Serongga, dan Bukit Mentik.

3. Gunung Merbuk

[Gambas:Instagram]



Gunung Merbuk merupakan gunung merapi tertinggi di Kabupaten Jembrana. Gunung Merbuk terletak di Desa Dauhwaru, Kelurahan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

Gunung Merbuk memiliki ketinggian 1.386 mdpl.

4. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru TabananGunung Batukaru Tabanan Foto: Dok. Wija Soju

Gunung Batukaru merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Tabanan. Gunung Batukaru juga menempati urutan kedua gunung tertinggi di Bali dengan ketinggian 2.276 mdpl.

Gunung Batukaru terletak di tiga desa yaitu desa Pujungan, Jatiluwih dan Wongaya Gede, sehingga titik-titik pendakian bisa juga darI 3 wilayah desa tersebut.
Jalur pendakian Gunung Batukaru bisa melalui desa Wingaya Gede, Desa Jatiluwih dan Desa Punjungan yang terletak di jalur alternatif penghubung antara Puputan dan Tabanan.

5. Gunung Silangjana

Gunung Silangjana adalah gunung tertinggi di Kabupaten Buleleng. Gunung Silang Jana memiliki ketinggian 1.092 mdpl. Gunung Silang Jana berada di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.



Simak Video "Bule Telanjang di Gunung Batur Diperiksa Imigrasi, Segera Dideportasi"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)