Perbaikan Jelang WSBK, Sirkuit Mandalika Ditutup September 2022

Lombok Tengah - detikBali
Selasa, 23 Agu 2022 22:25 WIB
Suasana Sirkuit Mandalika Lombok, NTB, Selasa (23/8/2022).
Suasana Sirkuit Mandalika Lombok, NTB, Selasa (23/8/2022). Foto: Ahmad Viqi/detikBali
Lombok Tengah -

Kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika akan ditutup selama satu bulan penuh pada September 2022 mendatang. Pasalnya, seluruh area Sirkuit Mandalika terutama lintasan akan ditata kembali sesuai permintaan Dorna Sport dan Federasi Internasional Motorcycle (FIM).

Managing Directur The Mandalika Bram Subiandoro mengungkapkan, penutupan Sirkuit Mandalika tidak lain untuk menyiapkan proses perbaikan sebelum World Superbike Championship (WSBK) digelar pada bulan November 2022.

"Semua sudah disiapkan. Untuk WSBK mulai tanggal 1 September 2022, kami akan resurfacing aspalnya. Sekalian kami perbaiki lah yang ada di dalam sirkuit nanti dalam waktu satu bulan," kata Bram ditemui di Kantor Bupati Lombok Tengah, Selasa siang (23/8/2022).


Menurut Bram, penutupan sirkuit selama satu bulan penuh untuk menata kembali yang perlu dilengkapi untuk event WSBK 2022. Khusus lintasan Sirkuit Mandalika akan dilakukan pengaspalan ulang.

"Kami akan lapisi lagi bongkar dikit, langsung tambal. Nanti secara teknis biar MGPA yang menjelaskan," kata Bram.

Pengumuman harga tiket WSBK bakal segera diumumkan dalam waktu dekat. Pasalnya, harga tiket WSBK 2022 ditentukan sesuai kondisi harga akomodasi perjalanan ke Lombok, NTB.

"Kami juga masih belum tentukan siapa pemegang tiket, itu nantinya dalam waktu dekat diumumkan. Paling tidak dalam waktu seminggu atau dua minggu," kata Bram.

Menurutnya, aspal baru yang digunakan untuk menutup lintasan yang akan akan diperbaiki memiliki spesifikasi sama dengan aspal dari luar negeri. "Material sudah ada, tinggal proses perbaikan. Jadi kenapa diaspal ulang, karena semua sirkuit memang harus diaspal ulang sesuai permintaan Dorna dan FIM," ujarnya.

Terpisah, Direktur Mandalika Grand Prix Association Priadhi Satria mengatakan pengaspalan ulang di beberapa titik di lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika masuk dalam tahap trek improvement.

"Kami juga minta PT PP sebagai pelaksana di lapangan. Trek improvement Sirkuit Mandalika adalah keharusan bagi MGPA setelah mendapat rekomendasi dari Dorna Sport dan FIM," kata Priandhi via sambungan telepon, Selasa sore.

Menurutnya, segala hal yang minor-minor di area Sirkuit Mandalika dan lintasan akan dilalukan pengecatan, perbaikan visual agar lebih menarik saat dijajal rider. Khusus WSBK, beberapa titik akan diperbaiki, seperti penambahan run off di sisi aspal dan di luar lintasan, membersihkan gravel (batu), pemasangan ban bekas di depan tembok pembatas, dan pit in.

"Ban ini diminta ditambah menjadi enam baris horizontal, Bukan lagi pakai dua baris ban vertikal di tembok pembatas trek," pungkas Priandhi.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)