Viral Marshal Ditabrak Crosser MX2 di Sirkuit Samota, IMI NTB Buka Suara

Ahmad Viqi - detikBali
Senin, 27 Jun 2022 16:01 WIB
Screenshot Marshal tertabrak crosser di MXGP Samota.
Foto: Screenshot Marshal tertabrak crosser di MXGP Samota. (istimewa)
Sumbawa -

Seorang marshal yang mengawal event Motor Cross Grand Prix (MXGP) Samota of Indonesia asal Kabupaten Sumbawa tertabrak crosser MX2 Samota, saat final race kedua, Minggu sore (26/6/2022) viral di media sosial.

Video yang berdurasi 12 detik tersebut mendapat respons dari Ketua Ikatan Motor Indonesia Provinsi NTB dr. Herman Lalu Mahaputra. Herman membenarkan video marshal ditabrak crosser MX2 di Sirkuit MXGP Samota.

Herman mengatakan, marshal yang sempat tertabrak itu berawal saat cosser asal Prancis itu keluar lintasan Sirkuit MXGP Samota. Korban lanjut Herman tidak mengalami luka-luka. Meski dalam video yang beredar, marshal yang tertabrak Tom Vialle sempat terpental hingga terjatuh.


"Dia tidak kenapa-kenapa. Aman Alhamdulillah. Kita tetap sigap. Saya sudah cek langsung kemarin dia belum sampai dilarikan ke medical center," kata Herman, Senin (27/6/2022) saat ditemui di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur.

Menurut dokter yang kerap disapa Jack ini, menjadi marshal di event MXGP harus sigap. Hal itu dikarenakan trek MXGP dan MotoGP jauh berbeda.

"Berbeda ya. Ini kan kita harus kawal crosser di medan yang ekstrem. Jadi bukan hanya rider yang harus fit tapi semuanya," kata Herman.

Menurutnya selama event MXGP Samota disinyalir berjalan dengan sukses. Herman juga mengaku selama event MXGP Samota, tidak ada insiden yang harus dikhawatirkan saat balapan.

"Aman. Saya kalau belum lihat helikopter itu terbang berarti masih aman kita," kata Herman.

Dalam video yang beredar di media, Marshal MXGP itu tampak mencoba menghindari Tom Vialle saat keluar trek. Namun nahas, marshal itu tetap terkena bagian depan dari motor Tom yang membuat dia terjatuh di luar trek.

Dari data yang diterima, jumlah marshal di Sirkuit MXGP Samota capai 122 marshal. Semua marshal berasal dari Pulau Sumbawa NTB. Dari 122 marshal, 15 di antaranya dari Bima, 10 dari Kabupaten Dompu, 15 dari Kabupaten Sumbawa Barat dan 82 dari Kabupaten Sumbawa.



Simak Video "Cicip Susu Kuda Liar Sumbawa yang Tersohor"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)