Ungkap Sosok 3 Terduga Teroris Bima, Jual Beli Mokas-Pabrik Tempe

tim detikBali - detikBali
Jumat, 24 Jun 2022 22:34 WIB
Ilustrasi Baku Tembak di Kaliurang (Zaki Alfarabi/detikcom)
Ilustrasi teroris. Foto: Zaki Alfarabi/detikcom
Bima -

Ketua RT di Kelurahan Penatoi, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Darussalam mengungkap sosok tiga terduga teroris yang ditangkap di Kelurahan Penatoi.

Dikatakan Darus, terduga teroris S diketahui bekerja jual beli motor bekas (mokas). Sedangkan A beternak unggas di Penatoi. Sementara itu, terduga teroris M diakui memiliki pabrik tempe rumahan.

Dari keterangan Darus, ketiga terduga teroris tersebut merupakan warga asli Penatoi. Mereka hanya berbeda RT.


"Kalau untuk M ini, memiliki pabrik tempe rumahan. Saya malah dekatnya dengan A dan M karena mereka ini warga saya," katanya.

Darus juga mengaku sejak kecil sangat dekat dengan terduga pelaku A dan M. Sementara terduga teroris S, diakuinya, agak tertutup dengan warga.

"Kalau S ini memang beda RT dengan saya, dikenal relatif tertutup. Bahkan S ini dikenal sebagai ustaz," terang Darus.

Sementara itu, menurut Darus, pasca penangkapan ketiga terduga teroris inisial S, A dan M pada Minggu (19/6/2022) lalu, suasana di lingkungan Penatoi terpantau kondusif. Warga juga biasa saja dengan peristiwa penangkapan tersebut.

"Sampai sekarang sih tidak ada aneh-aneh. Sudah biasa kan, karena terlalu sering penangkapan itu, jadi biasa saja. Kalau ada penangkapan, siapa si A, oh teroris. Jadi masyarakat itu biasa saja kalau ada penangkapan, tidak ada reaksi," kata Darus.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengungkapkan telah terjadi penangkapan tiga terduga teroris di KelurahanPenatoi, KabupatenBima, NTB, Minggu (19/6/2022). Tiga orang berinisial S, A, dan M, sudah diamankan di Mako Brimob Bima.

"Benar telah dilakukan penangkapan terhadap diduga pelaku teroris sejumlah tiga orang oleh tim Densus 88," katanya, Senin (20/6/2022).

Penangkapan dilakukan di tiga lokasi yang berbeda di Bima. Adapun dari hasil penggeledahan ditemukan alat bukti berupa sembilanBPKB sepeda motor, uang tunai Rp 10 juta, dan buku catatan kajian islam.



Simak Video "Perjalanan Panjang Amaq Sinta Melawan Begal"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)