5 Makanan Khas Bali, Kelezatannya Goyangkan Lidah

Tim detikBali - detikBali
Selasa, 05 Jul 2022 10:19 WIB
Warung Mak Beng
Sup kepala ikan Mak Beng Sanur. Foto: Dok. detikFood
Bali -

Ada 5 makanan khas Bali yang terkenal dengan kelezatannya. Ada ayam betutu yang menjadi makanan khas yang legendaris yang kelezatannya tak diragukan lagi.

Selain itu ada juga rujak kuah pindang. Sajian ini memiliki rasa unik dan berbeda di mana rujak yang diguyur dengan kuah pindang namun tidak terasa amis sama sekali.

Makanan khas Bali lainnya simak selengkapnya berikut ini.


1. Ayam Betutu

Ayam Betutu menjadi urutan pertama yang kuliner khas Bali yang kelezatannya tidak diragukan lagi. Ayam betutu merupakan jenis lauk pauk dari daging ayam yang dibumbui dengan bumbu khas Bali biasa disebut base genep. Menurut tradisi Bali, ayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan.

Namun, saat ini hidangan ayam betutu bisa dinikmati kapan saja. Ayam betutu biasanya disajikan dengan sayuran, kacang tanah goreng, sambal matah, tahu tempe.

Satu lokasi yang menjadi legendaris ayam betutu adalah di Meh Tempeh Gilimanuk. Namun kamu juga bisa menikmatinya di seluruh lokasi di Bali.

2. Sate Lilit

Sate lilit adalah hidangan ikonik Bali. Sate lilit bisa terbuat dari beberapa jenis daging, diantaranya daging babi, sapi, ayam, hingga ikan laut.

Tidak seperti sate pada umumnya, tusuk sate lilit terbuat dari bambu yang berukuran lebar atau bisa menggunakan batang sereh.

Sate lilit terasa lembut dan gurih. Bahan utamanya cincangan ikan yang diaduk bersama bumbu basa genep. Sate lilit bisa dinikmati tanpa atau hanya dengan nasi putih.

3. Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang adalah kuliner khas Bali. Kuliner ini sangat populer tidak hanya di penduduk lokal, namun juga untuk wisatawan. Tak lengkap rasanya ke Bali jika tidak mencicipi kuliner yang satu ini.

Sajian ini memiliki rasa unik dan berbeda dari rujak pada umumnya yang menggunakan sambal gula merah.

Seperti namanya, olahan buah-buahan segar khas Bali ini diguyur air rebusan ikan pindang (sarden, lemuru, atau tuna). Selanjutnya kuah pindang dicampur dengan gula merah atau gula pasir dan terasi. Tentunya ini yang membuat cita rasa spesial dari rujak kuah pindang. Sensasi asam, pedas, dan gurihnya dijamin bikin ketagihan.

Adapun buah untuk rujak umumnya terdiri dari mangga muda, pepaya, bengkoang, kedondong, nanas, dan mentimun yang diserut. Meski menggunakan kuah kaldu ikan, namun jangan khawatir rasa rujak kuah pindang tidak amis, melainkan segar karena perpaduan racikan bumbu dan campuran buah-buahan.

4. Sambal Matah

Sambal matah adalah sambal tradisional Bali yang dapat ditemukan di seluruh daerah di Provinsi Bali. Matah memiliki arti mentah.

Sambal matah merupakan sambal yang berbahan mentah yang bahannya hanya dipotong-potong. Bahan-bahan sambal matah yaitu: bawang merah, cabai merah, terasi, garam, sereh, jeruk lemo dan minyak kelapa.

Cita rasa sambal matah ini gurih dan pedas. Sambal matah dihidangkan diberbagai jenis makanan sebagai pelengkap.

5. Sup Kepala Ikan

Sup kelapa ikan menjadi salah satu hidangan berkuah khas bali yang terkenal. Ada banyak restoran atau warung makan yang menyediakan menu yang satu ini.
Salah satu yang terkenal di Bali adalah sup kepala ikan Mak Beng Sanur. Kepala ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri atau cakalang.

Selain kepala ikan, dalam kuah juga dilengkapi dengan timun yang direbus menjadi satu. Kamu bisa langsung menikmati kesegaran sup tersebut dengan sepiring nasi hangat.



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Bali Tersembunyi di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)