Pabrik Milik PT Bio Global Indonesia di Jembrana Terbakar

I Ketut Suardika - detikBali
Senin, 15 Agu 2022 09:31 WIB
Petugas saat melakukan pemadaman api di lokasi kejadian, Senin (15/8/2022) dini hari
Petugas saat melakukan proses pemadaman di lokasi kejadian (Foto: IST)
Jembrana -

Pabrik milik PT Bio Global Indonesia di Desa Pengambengan, Kecematan Negara, Jembrana, Bali, Senin (15/8/20222) sekitar pukul 03.00 dini hari tadi terbakar.

Meski sempat memicu kepanikan warga, namun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Informasi awal yang dihimpun detikBali, kebakaran yang terjadi di pabrik milik PT. Bio Global Indonesia di Jalan AMD, Dusun Kelapa Balian, Desa Pengambengan, diduga disebabkan oleh percikan api dari tungku produksi di dalam gudang pabrik.


"Jaraknya sih jauh dari tungku sekitar 20 meter. Tapi, kemungkinan api dari tungku produksi itu," kata Direktur PT. Bio Global Indonesia, Obed Riston Rumlawang (42).

Lebih lanjut, pria asal Kecamatan Negara menambahkan, serabut atau sabut kelapa yang terbakar tersebut merupakan sisa produksi yang memang sudah tidak dipakai lagi.

"Syukur cepat ditangani sehingga tidak merembet ke area lain. Syukurnya yang terbakar hanya sisa produksi yang biasanya hanya digunakan untuk penyubur tanaman," terang Obed.

Sementara terpisah, Kepala perlindungan masyarakat Satpol PP Jembrana I Putu Pranajaya, membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran di PT Bio Global Indonesia di Desa Pengambangan. "Kebakaran terjadi sekitar pukul 03.00 dini hari," ungkap Putu Pranajaya.

Menurutnya, kebakaran di area pabrik pertama kali dilaporkan oleh satpam pabrik bernama Farjen.

Usai mendapat laporan, pihaknya langsung menerjunkan tim regu 3 pemadam kebakaran dengan melibatkan empat armada mobil kebakaran .

Setelah satu jam dilakukan penanganan, api akhirnya berhasil dipadamkan. "Untuk korban jjiwa astungkara tidak ada. Sedangkan untuk kerugian materi belum bisa ditafsirkan,"tukas Putu Pranajaya.



Simak Video "Kebakaran Pabrik Pupuk di Demak Padam, Asap Masih Mengepul"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)